TRADISI RASULAN DI DESA NGLIPAR GUNUNGKIDUL

Agrahita Dyah Novarel

Abstract


Abstrak
Setiap musim panen tiba, Desa Nglipar, Gunungkidul selalu menyambutnya dengan tradisi atau budaya rasulan. Ungkapan rasa syukur yang terlihat dalam tradisi rasulan ini, menjadikan suatu kearifan lokal yang membudaya. Dalam tulisan ini, akan dijelaskan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan tradisi tersebut, yaitu seperti filosofi, makna, profil dari rasulan yang ada di Desa Nglipar itu sendiri, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan deskriptif, yang mana dengan latar belakang yaitu Desa Nglipar, Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam tradisi rasulan terdapat kegiatan bersih dusun, kirab gunungan, slametan dan pentas seni. Adapun nilai-nilai keislaman dalam tradisi tersebut secara garis besar meliputi nilai pendidikan akidah dan pendidikan akhlak. Nilai pendidikan akidah mencakup (1) memupuk rasa keyakinan kepada Allah swt. dengan mengucap rasa syukur, (2) mengingat Allah swt. melalui slametan berupa doa, tahlil dan zikir. Sedangkan nilai pendidikan akhlak mencakup (1) nilai keikhlasan, (2) solidaritas, silaturahmi dan keharmonisan antarwarga, (3) saling berbagi melalui sedekah bumi dan makanan antarwarga.


Keywords


Tradisi rasulan, panen, kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Bea. (2012). Faktor-faktor Penanda Kesantunan Tuturan Imperatif dalam Bahasa Jawa Dialek Surabaya: Analisis Pragmatik Humaniora 17 (1). 67-77. https://journal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/829.

Chakim, Sulkhan. (2015). Potret Islam Sinkretisme: Praktik Ritual Kejawen? Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 3 (1): 1-9. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/komunika/article/view/110/84.

Fuadhiyah, Ucik. (2011). Simbol dan Makna Kebangsaan dalam Lirik Lagu-lagu Dolanan di Jawa Tengah dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra 7 (1): 15-26. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/download/865/798.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 16-17.

Sartini, Ni Wayan. (2009). Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Lewat Ungkapan (Bebasan, Saloka, dan Paribasa) Logat: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 5 (1): 28-37. http://www.academia.edu/download/33900290/Bahasa_dan_Sastra__Logat__Vol__5_No__1_April_2009.pdf#page=30.

Syarifuddin, Didin. (2016). Nilai Wisata Budaya Seni Pertunjukan Saung Angklung Udjo Kota Bandung Jawa Barat Indonesia Jurnal Manajemen dan Resort & Leisure 13 (2). https://ejournal.upi.edu/index.php/jurel/article/view/4979.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i2.3471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.