MAKANAN TRADISIONAL MASYARAKAT BANGKA BELITUNG LEMPAH KUNING

Harlina Evi Susanti Sri Tavika, Akbar Al Masjid

Abstract


Penelitian ini berfokus untuk membahas tentang makanan khas yang berasal dari pulau Bangka Belitung. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana sejarah serta proses pembuatan makanan khas Bangka belitung yang berupa lempah kuning. Lempah kuning merupakan makanan khas yang sangat populer di kalangan masyarakat Bangka Belitung. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi serta melakukan wawancara kepada narasumber. Hasil penelitian menunjukkan sejarah lempah kuning serta bahan dan cara yang digunakan dalam membuat lempah kuning. Lempah kuning ini sendiri merupakan hidangan khas Bangka Belitung, ciri khas makanan ini bewarna kuning dengan bahan dasar ikan dari hasil laut dan warna kuning tersebut dihasilkan dari campuran salah satu bahan masakan yaitu kunyit. Dengan segala bentuk ekspresi lingkungan yang dituangkan oleh masyarakat sekitar pulau Bangka Belitung sehingga menghasilkan masakan lempah kuning yang menjadi makanan tradisional.

 


Keywords


Makanan Indonesia, Tradisional, Lempah kuning

Full Text:

PDF

References


Setiati, D. (2008). Makanan Tradisional Masyarakat Bangka Belitung. Tanjung Pinang: Depertemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Budaya, I. (2015, Desember 17). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan. Retrieved from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan direktorat Jenderal Kebudayaan: https://kebudayaan.kemendikbud.go.id/ditwdb/lempah-kuning/.

Setiawan, R. (2016). Memaknai Kuliner Tradisional di Nusantara: Sebuah Tinjauan Etis, Vol.21, No.1, Hal. 121-122.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i2.3445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.