DAWET AYU SEBAGAI ICON KOTA BANJARNEGARA

Duwi Fatmafitri Febiana Vinka A

Abstract


Minuman khas dari suatu daerah merupakan salah satu warisan budaya dari daerah yang harus dilestarikan dan dijaga agar tidak punah digerus oleh zaman. Salah satu minuman tradisonal yang sudah melegenda di Jawa adalah Dawet.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minuman khas Dawet Ayu sebagai icon kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian ini diketahui asal usul nama Dawet Ayu Banjarnegara menjadi terkenal berawal dari lagu ciptaan seniman Banjarnegara bernama Bono. Dipopulerkan kembali oleh grup Seni Calung dan Lawak Banyumas Peang Penjol yang sedang manggung di kota Banjarnegara, yang kemudian mencicipi dawet yang terletak di jalan payuda. Terkesan dengan rasa dawetnya yang enak dan segar serta penjualnya yang berparas cantik atau ayu,sehingga menginspirasi terciptanya lagu gaya banyumasan yang berjudul Dawet Ayu Banjarnegara. Grup lawak dan lagu itu ikut andil dalam mempoluerkan dawet ayu hingga ke berbagai daerah. Dawet Ayu merupakan salah satu maskot kota Banjarnegara, terbukti adanya monumen Dawet Ayu berupa gerobak dan dua orang penjualnya di Alun-alun kota Banjarnegara.


Keywords


minuman khas ,dawet ayu,banjarnegara.

Full Text:

PDF

References


Ekawati, R., & Sabrina, A. (2020). Kreasi Dawet Ikan Patin. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmial Pariwisata Dan Perhotelan), 3(2), 2597 5323.

Nurhayati, E., Mulyana, Ekowati, V. I., & Meilawati, A. (2014). Inventarisasi Makanan Tradisional Jawa Unsur Sesaji di Pasar-Pasar Tradisional Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 124 140.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11(19), 173 179.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i2.3444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.