Penggunaan Smartphone Terhadap Perubahan Pola Sosialisasi Pada Anak Usia Dini

Novia Ul Haq

Abstract


Abstrak

Perkembangan globalisasi terutama pada teknologi komunikasi semakin canggih dan mempermudah pekerjaan manusia. Hampir semua kalangan usia memiliki smartphone. Smartphone dipilih karena gadget tersebut mudah digunakan dan praktis. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemudahan yang ditawarkan smartphone dapat memengaruhi perubahan pola sosialisasi pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan memanfaatkan jurnal sebagai sumber utama penulisan. Hasil yang didapatkan adalah smartphone memiliki dampak negatif dan positif. Selain itu, penggunaan smartphone dengan intensitas yang tinggi akan mengakibatkan perubahan pada perkembangan anak usia dini terutama dalam hal sosial.

Kata Kunci: smartphone, perubahan, sosialisasi

Keywords


smartphone, perubahan, sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Chusna, Puji Asmaul. Pengaruh Media Gedget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan

Hertmada, Sinta Kendek. 2017. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Proses Interaksi Sosial Dikalangan Mahasiswa Akademi Kebidanan Sinar Kasih Tana Toraja. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Makasar.

Ma rufah, Siti dan F. X. Sri Sadewo. 2016. Pola Sosialisasi Anak Pada Keluarga MBA (Married by Accident). Paradigma Vol. 04 No. 03.

Mayenti, Fitra, dkk. 2018. Dampak Penggunaan Gedget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Jurnal Photon.

Pusparisa, Yosepha. 2020. Berapa Jumlah Pengguna Smartphone Di Dunia. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/01/20/berapa-jumlah-pengguna-smartphone-dunia#:~:text=Jumlah%20pengguna%20smartphone%20secara%20global,mencapai%203%2C8%20miliar%20unit Diakses pukul 20.00 tanggal 20 Februari 2021.

Rahmayani, Indah. 2015. Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Tersedia pada: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6095/Indonesia+Raksasa+Teknologi+Digital+Asia/0/sorotan_media Diakses pukul 20.20 tanggal 20 Februari 2021.

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sawitri, Yuli, dkk. 2019. Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i2.3427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.