Analisis Tanggapan Masyarakat Terhadap Iklan Layanan Masyarakat Dinas Dukcapil Kota Madiun

Redi Panuju

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tanggapan Khalayak terhadap program Dukcapil Keliling Kota Madiun. Dukcapil merupakan salah satu program pemerintah Kota Madiun dalam pelayanan administrasi kependudukan. Program Pelayanan melalui channel youtube.com dengan tajuk Dukcapil Keliling Kota Madiun yang dalam penelitian ini dilakukan uji ukur tingkat daya tarik pada aspek isi informasi dan bantuk iklan terhadap tanggapan masyarakat untuk memanfaatkan program tersebut. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan berdasar studi kasus di lapangan. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama, dinyatakan bahwa hasil statistik uji regresi dengan nilai thitung sebesar 3,034 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (Sig. < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,265; maka hipotesis pertama dalam penelitian ini terbukti yaitu daya tarik isi informasi memiliki pengaruh yang positif terhadap tanggapan masyarakat untuk mengunakan layanan tersebut. Hasil statistik uji regresi pada hipotesis kedua, nilai thitung sebesar 3,795 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (Sig. < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,332; maka hipotesis kedua dalam penelitian ini terbukti yaitu daya tarik bentuk iklan memiliki pengaruh yang positif terhadap tanggapan masyarakat untuk mengunakan layanan tersebut. Untuk hasil uji hipotesis ketiga, diperoleh nilai Fhitung sebesar 14,906 dengan signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (Sig.<0,05),  maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga dalam penelitian ini terbukti yaitu daya tarik isi informasi dan bentuk penyampaian iklan memiliki pengaruh yang positif terhadap tanggapan masyarakat pada ILM Dukcapil Keliling Kota Madiun. 


Keywords


Dukcapil Keliling, Tanggapan Kalayak, Iklan Layanan Masyarakat, Youtube, Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Alifahmi, Hifni. 2005. “Sinergi Komunikasi Pemasaran. Integrasi Iklan,Publik Relations dan Promosi”, Quantum, Jakarta.

Aylesworth, Andrew B, Scott B Mac Kenzie, 1998, “Context is Key: The Effect of Program Induced Mood on Thought abaut The Ad”, Journal of Advertising, Vol.XXVII,Number 2, Summer.

Carolina . 2014 . Persepsi Khalayak Terhadap Iklan Axe Bidadari Indonesia Serta Faktor Yang Mempengaruhinya,Vol.2 No.1 Juni 2014.

D’Souza,Giles, Ram Rao,1995, “Can Repeating in Advertisement Move Frequently than The Competition Affect Brand Preference in Motive Market?”, Journal of Marketing, Vol.59, April,p 39.

Darsono, Licen Indahwatiii, Basu Swastha Darmmesta, 2005, “Kontribusi Involvement & Trust in Brand dalam Membangun Loyalitas Pelanggan”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 20, No.3, 287-304.

Deri, Arini . 2014 . Pemaknaan Pesan Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Esdm Versi Bbm Nonsubsidi,(Analisis Semiotika Terhadap Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Esdm Versi “Bbm Nonsubsidi”), Telkom Univercity

Dewi . 2019 . Kian Optimal, Layanan Keliling Dispendukcapil Bisa Ditemui di Fasilitas Umum Ini . Portal resmi https://madiunkota.go.id, diakses tanggal 2 Mei 2019

Dikara, Madja, Agus.S. .2004 . Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Durianto,Darmadi, Cicilia Liana, 2004, “Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan menggunakan Consumer Decision Model”, Vol.11, No. 1, Maret.

Durianto,Darmadi, Sugiarto, Tony Sitinjak, 2001, “Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Eka,Rita, AR Saliman, 2001, “Periklanan Yang Efektif”, Jurnal Ekonomi Perusahaan, Juli,2001

Fanndy Tjiptono, 1997, “Strategi Pemasara”, Andy ,Yogyakarta

Ferdinand, Agusty, 2006, “Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen”, Edisi 4, badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Ferdinand, Augusty ,2006, “Metode Penelitian Manajemen”, Edisi 2, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam, 2005, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Girsang, Lasmery RM . 2017 . Pengukuran Efektivitas Iklan (Studi Komparasi: Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Online) . Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 1 No.2 Februari 2017 - ISSN. 2527-8673

Handoko, T. Hani. 1998 . Manajemen. Edisi Ke-2. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi.

Handoyo,Sapto, 2004, “Pengaruh Kreativitas iklan Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Lux. (studi Pada Konsumen di Sekitar Wilayah UPN Veteran Yogyakarta)” Telaah Bisnis, Vol.5 Nomor 2. UPN veteran Yogyakarta

Harseno, Arnold, Ignatius Sukirno, MF Shellyana Junaedi, 2002, “Hubungan Antara Pengenalan Logo Tokoh Kartun dan Preferensi Merek Makanan pada Anak Anak”, Kinerja, Vol. 6, No. 1, Juni, 47-57.

Hermawan, Nur Fadly . 2015 . BAHASA DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT . El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama Vol 3 No 1 (2015)

Hoyer,D Wayne, Steven P Brown, 1990, “Effect of Brand Awareness on Choice for a Coomon, Repeat-Purchase Product”, Journal of Consumer Research, Vol.17, September

Indriyanti,Irma Satya,John J.O.J.Ihalauw, 2002, “Pengulangan Pesan Suatu Iklan Dalam Proses Pembelajaran Konsumen (Studi terhadap iklan pasta gigi Pepsodent)”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis / Dian Ekonomi, Vol.VIII, No. 1 , Maret, p.37-52

Jefkins,Frank, 1996” Periklanan”, Penerbit Erlangga, Jakarta

Kasali, Rhenald,1995, “Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”, Pustaka Grafiti, Jakarta.

Khairifa, Fenni . 2017 . PENYAMPAIAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KEPADA KHALAYAK . Jurnal Harmoni Sosial, Mei 2017, Volume I, No. 3

Kotler, Philip ,1987, “Dasar Dasar Pemasaran”, Edisi ketiga, Jiid II, Intermedia, Jakarta.

Kotler, Philip and Lee Nancy. 2008. Social Marketing; Influencing Behaviors for Good, Third Edition. California: Sage Publications, Inc.

Kotler,Philip, Gary Amstrong, 2001, “Dasar Dasar Pemasaran”, Prenhalindo, Jakarta

Kotler,Philip,AB Susanto,2001, “Manajemen Pemasaran di Indonesia”, Salemba Empat, Jakarta

Kover,Arthur J, Stephen M Goldberg, William L James, 1995, “Creativity vs Effectiveness ? An Integrating Classification for Advertising”, Journal of Marketing Research, Nopember-December.

Kriyantono, Rachmat . 2009 . Riset Komunikasi . Jakarta: Kencana

Kussudyarsana, 2004, “Fenomena Selebritas sebagai Model Iklan dari sudut pandang Sumber Pesan”, Benefit,Vol. 8 No. 2 , Desember, UMS Surakarta.

Kuswarno, Engkus . 2009 . Fenomenologi: Konsep, Pedoman dan Contoh Penelitian, Bandung: Widya Padjadjaran

Lamb,Charles W, Joseph F Hair, Carl Mc Daniel, 2001, “Pemasaran”, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Lexy J. Moleong. 2005. metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mukaromah, dkk . 2017 . IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN RESPON KHALAYAK . Islamic Comunication journal Volume 02, Nomor 02, Juli-Desember 2017

Nisa, Naima Khoiru . 2015 . STRATEGI KREATIF IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) DALAM PEMASARAN SOSIAL . JURNAL INTERAKSI, Vol 4 No 2, Juli 2015 : 158 - 164

Nugroho, RML Arry, 2004, “Analisis Efektifitas Iklan Sensual berdasarkan Perbedaan Gender Pemirsanya”, Jurnal Studi Bisnis,Vol.2 No.2

Panuju, Redi. 2019. Narative Analysis of Perindo Party Advertisement. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication. Jilid 35(3) 2019: 41-56

Percy,Larry, John R Rositter,1992, “A Model of Brand Awareness and Brand Attitude Advertising Strategies”, Psycology & Marketing, Vol. 9 (4), July- August

Peter,JP,Olson,JC, 1999, “Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan StrategiPemasaran”, Erlangga ,Jakarta.

Purwanto, M.Ngalim . 1991 . Psikologi Pendidikan . Bandung ,Remaja Rosdakarya

Retnowati, Yuni . 2018 . EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MERAIH PARTISIPASI POLITIK . Jurnal: Wacana Volume XII No.3, Agustus 2018

Royan,Frans M, 2004, “Marketing Celebbrities”, PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Santosa, Didik Hery . 2018 . EFEKTIFITAS IKLAN SEBAGAI SARANA MEMPERKUAT SOSIALISASI PAJAK KE MASYARAKAT . SNKN 2018 - SIMPOSIUM NASIONAL KEUANGAN NEGARA

Sardiman.1992 . Interaksi dan Motivasi Belajar, Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru . Rajawali, Jakarta

Sendjaja, S. Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Shapiro,Stewart. H. Shanker Krishnan,2001, “Memory Based Measures for Assessing Advertising Effect: A Comparison of Explicit and Implicit Memosy effect”, Journal of Advertising Vol.XXX Number 3. Fall 2001

Shimp,A Terence, 2000, “Promosi dan Periklanan. Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu”, Erlangga ,Jakarta

Soemanto, Wasty . 2007 . Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bina Aksara

Stevani, Louis Rika .2018. Pemkot Madiun Sediakan 1.220 Titik Layanan Internet Gratis . https://jatim.antaranews.com, diakses pada Januari 2019

Sudarti,Ken, Totit Oktoriyanto, 2006, “Analisis Efektifitas Iklan Dengan Pendekatan Customer Decision Model (CDM).Kasus Iklan Humor Rokok Sampoerna Hijau si Televisi”, Ekobis,Vol.7 No. 2, Juni, Unissula, Semarang

Sugiharto, Yohanes, Bambang Suko Priyono, 2005, “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas pelanggan dalam Industri Perhotelan”, Telaah Manajemen, Vol. 2, Edisi 1, MM STIE Stikubank Semarang.

Suryanto , B Suko Priyono, 2004, “Pengaruh Ekuitas Merek dan Preferensi Merek Terhadap Keinginan Membeli (Studi pada Kartu Kredit bank BNI)”, Telaah Manajemen, Vol.1, Edisi 1, MM STIE Stikubank Semarang.

Sutrisno, Wiyo Nur Prasetyo, Nurhidayati, 2006, “Model Minat Beli Ulang: Suatu Pengujian Paska Masa Tayang Iklan (Studi kasus pada produk deterjen Rinso di Semarang)”, Ekobis, Vol. 7, Nomor 2, Unissula, Semarang

Thamrin, Sylvia Denada,2003, “Studi Mengenai Proses Adopsi paska Masa Tayang Iklan Produk Xon-Ce di Surabaya”, Jurnal Sain Pemasaran Indonesia, Vol.11 ,Nomor 2, September, Magister Manajemen Undip Semarang.

Till, D Brian, Daniel.W Baack, 2005,”Recall and Persuasion, Does Creative Aadvertising Matter ?” Journal of Advertising, Vol.34 No.3. Fall 2005

Uchyana Effendi, Onong . 2009 . Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vakratsas, Demetrios, Tim Ambler, 1999, “How Advertising Works: What Do We Really Know ?”, Journal of Marketing, Volume 63, January. p 26-43.

Walgreen, Cathy J Cobb, Cynthia A Ruble, Naveen Donthu, 1995, “Brand Equity, Brand Preference And Purchase Intent.” Journal of Advertising, Vol.XXIV, Number 3, Fall.

Werner J. Severin . 2005 . Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan Di Dalam Media Massa ,Jakarta:Kencaana

Yulistiano,Muhammad, Retno Tanding Suryandari, 2003, “Pengukuran Avertising Response Modelling (ARM) iklan televisi Dengan Endorser Selebritis dan Non Selebritis”, Empirika, Vol .16 no.2 Desember 2003, UNS Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

Jurnal Dinamika Sosial Budaya 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.