Menelaah Faktor-Faktor Pada Influencer Dalam Perilaku Donasi Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia pada tahun 2020 adalah adanya pandemi Covid-19. Tenaga medis sebagai garda terdepan saat ini memiliki peran penting dalam menangani Covid-19. Namun, kesiapsiagaan pemerintah di awal pandemi dalam penanganan protokoler kesehatan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis belum mencukupi. Di tengah kurangnya APD untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada tenaga medis, muncul gerakan sosial berupa kampanye penggalangan dana #BersamaLawanCorona yang diinisiasi oleh para influencer melalui platform crowdfunding. Studi ini merupakan sebuah conceptual paper dengan metode kualitatif literature review yang berusaha menjelaskan bagaimana kredibilitas influencer memengaruhi perilaku individu dalam berdonasi di masa pandemi Covid-19. Hasil studi ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan positif bagi individu yang akan melakukan donasi agar lebih memerhatikan kredibilitas yang dimiliki influencer dan platform crowdfunding yang digunakannya. Serta bagaimana individu dapat memanfaatkan kredibilitas dirinya dalam konteks perilaku berdonasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. S. (2019). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan platform crowdfunding pada UMKM di kota surakarta (Bachelor s thesis). IAIN Surakarta, Surakarta.
Aieni, A. N., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi penggunaan mobile banking: pendekatan technology acceptance model. Jurnal analisis bisnis ekonomi, 86-96.
Amos, C. H. G., & Strutton, D. (2008). Exploring the relationship between celebrity endorser effects and advertising effectiveness a quantitative synthesis of effect size. International journal of advertising. 27(2), pp. 209-234.
Awan, Y. M., & Hameed, F. (2014). Effect of demographic, socio-economic and other characteristics on donations. Current Research Journal of SocialSciences, 6(2), 55-7.
Aziz, I.A., Nurwahidin, N., & Chailis, I. (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menyalurkan donasi melalui platform crownfunding berbasis online. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1).
Dwiparasayu, Auliarachmah. (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan donasi: kampanye melawan dunia #NICURangers pada platform crowdfunding kitabisa.com (Thesis, Brawijaya University, 2018). Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13146
Endorgan, Z. (1999). Celebrity endorsement a literature review. Journal of marketing management.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era modern (sebuah studi literatur)). Eksekutif, 15(1), 133-146.
Hossain, M., & Oparaocha, G. O. (2017). Crowdfunding: Motives, definitions, typology and ethical challenges. Entrepreneurship Research Journal 7(2). https://doi.org/10.1515/erj2015-0045.
Kadekova, Z., & Hoilencinova, M. (2018). Influencer marketing as a modern phenomenon creating a new frontier of virtual opportunities. Communications Today, 9(2), 90-104).
Kahle., & Homer. (2013). Source expertise, time of source identification and involvement in persuasion: an elaborative processing perspective. Journal of advertising.
Kitabisa.com. (2020). Campaign #BersamaLawanCorona. Retrieved from https://kitabisa.com/
Lambert, T. (2010). An empirical analysis of crowdfunding. Netherlands: ERIM.
Liu, S., Jiang, C., Lin, Z., Ding, Y., Duan, R., & Xu, Z. (2015). Identifying effective influencers based on trust for electronic word-of-mouth marketing: A domain-aware approach. Information sciences, 306(2), 34-52. https://doi.org/10.1016/j.ins.2015.01.034.
Maulana, I., Manulang, M. J., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh social media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital. Makalah ilmiah bijak, 17(1), 28-34.
Nurjanah, S. I. M. (2018). Pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control, kepercayaan dan faktor demografi terhadap intensi berdonasi online (Bachelor s thesis). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Permana, L. (2017). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli konsumen dalam iklan tantangan sambal ABC 2016 (Bachelor s thesis). Universitas Brawijaya, Malang.
Poentarie, E. (2013). Penerapan Strategi Komunikasi pada PLIK Nanggulan 2. Jurnal studi komunikasi dan media, 17(2), 163 172.
Pryor, J. B., Reeder, G. D., Monroe, A. E., & Patel, A. (2010). Stigmas and prosocial behavior: Are people reluctant to help stigmatized persons? Dalam stumer, S., & Snyder, M., The psychology of prosocial behavior. Group Processes, Intergroup Relations, and Helping (50-80). West Sussex, PO: Jhon Wiley & Sons.
Rachmat, G., Ariyanto, A., & Yustisia, W. (2018). Aku mau bantu karena aku merasa dekat: Peran identity fusion sebagai moderator dalam pengaruh jarak sosial terhadap perilaku berdonasi kepada lembaga amal. Jurnal psikologi sosial, 16(1). 1-11.
Sari, A. P. (2019). Pengaruh brand awareness, kualitas proyek dan kepercayaan terhadap keputusan berdonasi secara online pada platform crowdfunding kitabisa. Com (Doctoral dissertation). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Savitri, A. S., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh citra, kredibilitas dan kemampuan komunikasi beauty vlogger terhadap keputusan pembelian produk make-up maybelline: studi kasus tasya farasya. Prologia, 3(1), 267-273. Retrieved from http://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6250
Setiawan, S. I. Y. (2020). Penetapan karantina wilayah menurut pandangan legal positivisme dalam rangka pencegahan dan pemberantasan pandemi coronavirus disease (Covid-19). UMM, Malang.
Siahaan, R. U. D., & Rochim, M. (2019). Hubungan antara kredibilitas Rachel Vennya sebagai influencer di instagram dengan sikap followers. Prosiding manaemen komunikasi, 5(2), 796-797. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/18578/pdf
Sugiharto, A. S., & Ramadhana, R. M. (2018). Pengaruh kredibilitas influencer terhadap sikap pada merek: Studi pada mahasiswa fakultas komunikasi dan bisnis universitas telkom. Jurnal ilmu politik dan komunikasi, 7(2), 4-5.
Verhaert, G. A., & Poel, V, D. (2011). Empathy as added value in predicting donation behavior. Journal of Business Research, doi:10.1016/j.jbusres.2010.12.024.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Jurnal Dinamika Sosial Budaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang
Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.