ANALISIS ISI KUANTITATIF BERITA KEGIATAN MAHASISWA

Ami Saptiyono, Erika Dwi Setya Watie, Edi Nurwahyu Julianto

Abstract


Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana kegiatan mahasiswa, dalam hal ini mahasiswa Komunikasi Universitas Semarang yang dikonstruk dalam pemberitaan media massa online. Tribunnews.com dipilih karena merupakan portal berita terbesar dan terluas di Indonesia. Peneliti mencari dan melihat artikel kegiatan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang  yang dimuat oleh tribunews.com mulai periode Januari 2018 hingga Oktober 2019. Dengan menggunakan agenda setting, peneliti menganalisa kemampuan media massa membangun pesan dari sebuah berita dalam mempengaruhi khalayak. berdasarkan tujuan tertentu yang diinginkan oleh media atau pihak yang memiliki kepentingan. Analisis kuantitatif ini terdiri dari tiga tahap, yaitu; penentuan model desain penelitian, pencarian data primer, dan pencarian pengetahuan kontekstual sehingga hubungan antara faktor-faktor dalam penelitian dapat dilihat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas dan kuantitas kegiatan mahasiswa harus ditingkatkan agar mampu menmbuat media  mengkonstruksi berita sesuai yang diinginkan oleh pihak yang memiliki kepentingan atas pemberitaan tersebut.

Kata Kunci: Jurnalisme Digital, Agenda Seting, Kegiatan Mahasiswa, Konstruksi Berita, Analisis isi Kuantitatif

 

Abstract

This study analyse how student activities, in this case is Semarang University Communication students activities, were constructed in online media news. Tribunnews.com was the media chose by authors,  because it is the largest and widest news portal in Indonesia. Authors searched and looked at the Semarang University Communication Studies student activities articles which published by tribunews.com from  January 2018 to October 2019. Using agenda setting, authors analyzed the ability of the mass media to build messages to make news according to the audience. Based on certain objectives desired by the media or parties who have an interest. This quantitative analysis consists of three hangovers, namely; The selection of research design models, primary data search, and contextual knowledge search so that the relationship between factors in research can be seen. The results of this study indicate that the quality and excellence of student activities must be improved in order to be able to make the media construct news as desired by those who have an interest in the reporting.

 

Keywords: Digital Journalism, Agenda Setting, Student Activities, News Construction Quantitative Content Analysis

Keywords


Digital Journalism, Agenda Setting, Student Activities, News Construction, Quantitative Content Analysis

Full Text:

PDF

References


Anonymous. (2017). Kemahasiswaan. Universitas Semarang. http://usm.ac.id/pages/view/Kemahasiswaan

Bradshaw, P. (2017). online journalism handbook (2nd ed.). Routledge.

Duffy, A., & Ang, P. H. (2019). Digital Journalism: Defined, Refined, or Re-defined. Digital Journalism, 7(3), 378–385. https://doi.org/10.1080/21670811.2019.1568899

Duku, S. (2014). Dampak Media, Penentuan Agenda (Agenda Setting), dan Teori The Spiral of Silence. Wardah, 15(2), 121–131.

Eriyanto. (2013). Analisis Isi Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu - Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media Group.

Grififn, E. (2019). A FIRSTAT LOOK COMMUNICATION THEORY (10th ed.). McGraw-Hill Education.

McCombs, M. E., Shaw, D. L., & Weaver, D. H. (2014). New Directions in Agenda-Setting Theory and Research. Mass Communication and Society, 17(6), 781–802. https://doi.org/10.1080/15205436.2014.964871

Neuendrof, K. A. (2017). The Content Analysis Guidebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Portnoy, M. (2018, March 2). Rangking 10 Besar Media Online Indonesia By ComeScore. Teknorush.Com. https://teknorush.com/media-online-indonesia/

Raditya, R., & Esfandari, D. A. (2015). Pengaruh Agenda Media Terhadap Agenda Publik Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Telkom University Angkatan 2010 – 2013 (Analisa Agenda Setting Pada Program Mata Najwa Menjelang Pemilu Pilpres 2014). E-Proceeding of Management, 1–9. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/epublication/id/32.html

Romli, A. S. M. (2015). Jurnalistik Online : Panduan mengelola media online. Nuansa Candekia.

Severin, W. J., & Tankard, Jr, J. W. (2014). Communication Theories: Origins, Methods and Uses in the Mass Media (5th ed.). Longman.

Siapera, E., & Veglis, A. (2012). The Handbook of Global Online Journalism. John Wiley & Sons, Inc.

Steensen, S., Larsen, A. M. G., Hågvar, Y. B., & Fonn, B. K. (2019). What Does Digital Journalism Studies Look Like? Digital Journalism, 7(3), 320–342. https://doi.org/10.1080/21670811.2019.1581071

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) (2nd ed.). CV Alpabeta.

Sunarwan, B. (2017). pencitraan Pemerintah dan Media Lokal. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 25–41. https://doi.org/10.31445/jskm.2017.210103

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Penerbit ANDI.

Wimmer, R. D., & Dominick, J. R. (2014). MASS MEDIA RESEARCH (10th ed.). Cengage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

Jurnal Dinamika Sosial Budaya 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.