ANGKA PARTISIPASI SEKOLAH KASAR SMA RENDAH DAMPAK DARI TINGKAT KEMISKINAN DAN UPAYA MENGATASINYA DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Authors

  • Sumarno Sumarno Instruktur Muda Balatkop UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.26623/jdsb.v21i1.1501

Keywords:

angka partisipasi sekolah kasar SMA, mengurangi angka kemiskinan

Abstract

Indikator keberhasilan pendidikan berupa Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  pada kelompok usia 16-18 tahun baru mencapai 76,41%. Kompleksnya permasalahan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memicu rendahnya APS terutama dalam masalah sosial-ekonomi. Penelitian dengan metode kuantitatif deskriptif ini memprediksikan pengaruh tingkat kemiskinan terhadap APS. Disamping kesadaran Masyarakat di Bangka Belitung untuk sekolah menurun karena pada tahun-tahun tersebut sedang boomingnya Tambang Timah Inkovensal yang betapa mudahnya mendapatkan uang. Sementara itu, kurang jumlah sekolah untuk menjangkau masyarakat pedesaan sangat mempengarui tingkat APS. Hasil uji regresi menunjukkan, tingkat kemiskinan berpengaruh negatif secara signifikan sebesar 55,33%.  Peningkatan kemiskinan diikuti oleh penurunan APS dan sebaliknya. Begitu pula kenaikan jumlah sekolah akan diikuti oleh kenaikan  APS.

References

Amaliah, Deni. (2015). Pengaruh Partisipasi Pendidikan Terhadap Persentase Penduduk Miskin. Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (3): 231 €”239

Badan Pusat Stastistik Nasinal

BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BPS Provinsi Sumatera Selatan Nirwana, I. D. (2013). Pengaruh Variabel Pendidikan Terhadap Persentase Penduduk Miskin: Studi pada 33 Provinsi di Indonesia, 6 Provinsi di Pulau Jawa dan 27 Provinsi di Luar Pulau Jawa pada Tahun 2006-2011. Jurnal Ilmiah. Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang: 1 €”9

UNDANG UNDANG

Sekretariat Negara RI. Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta, 2009.

Downloads

Published

2020-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1998 ,