PENGARUH MODIFIED AUDIT OPINION TERHADAP BORROWING CASH FLOW DI LQ45 SELAMA TAHUN 2010 - 2015

Windasari Rachmawati, Abdul Manan

Abstract


Penelitian ini menguji dan menganalisis konsekuensi ekonomis dari modified audit opinion   terhadap borrowing cash flow. Penelitian ini menggunakan model data panel. Modified audit opinion (MAO) dalam penelitian ini adalah opini audit selain opini wajar tanpa pengecualian bentuk baku, yaitu opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan (unqualified opinion with explanatory paragraph), wajar dengan pengecualian (qualified opinion), tidak wajar (adverse opinion), dan tidak memberikan pendapat (disclaimer opinion).Populasi dan sampel penelitian adalah perusahaan perusahaan yang tergabung dalam LQ 45, kecuali perusahaan perbankan, perusahaan asuransi dan perusahaan keuangan lainnya.

Hasil dari penelitian ini di ambil dari 45 sampel perusahaan yang terdaftar di LQ45 kemudian di pilih kembali berdasarkan kriteria perusahaan non perbankan dan keuangan. Hasilnya sampel penelitian berjumlah 40 perusahaan sampel penelitian. Setelah dilakukan pengujian dengan SPSS menggunakan uji asumsi klasik dan regresi berganda   dengan dibuat model 1 dan model 2, maka di peroleh hasil untuk Modified audit opinion tidak berpengaruh terhadap Borrowing cash flow dengan variabel kontrol investment cash flow, growth, size dan leverage. Peneliti melihat bahwa hasil regresi dari variabel kontrol ada satu variabel yang berpengaruh terhadap Borrowing cash flow pada saat pengujian model 1 yaitu variabel growth atau peningkatan penjualan.

 


Keywords


Modified Audit Opinion, Borrowing Cash Flow

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin A., R. J. Elder, dan M. S. Beasley. (2012). Auditing and Assurance Services: An Integrated Approach,14ed: Pearson Prentice Hall

Fazzari, S. M. et al. 1988. Financing Constraints and Corporate Investment. Brookings Paper on Economic Activity, 1, 141-206.

Guillamon, G., A. Durendez. 2003. The Usefulness of the Audit Report in Investment and Financing Decisions. Managerial Auditing Journal, 18, 549- 559.

Hardina P, Fitriani (2013) PENGARUH MODIFIED AUDIT OPINION TERHADAP BORROWING CASH FLOW DAN INVESTMENT CASH FLOW , Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Volume 10 Nomor 1, Juni 2013

Kurnia yulius (2009), faktor faktor yang mempengaruhi penerimaan opini audit going concern pada perusahaan publik sektor manufaktur, jurnal bisinis dan akuntansi vol. 11 no.3 Desember 2009

Lin, Z. et al. 2003. An Experimental Study of Users Responses to Qualified Audit Reports in China. Journal of International Accounting, Auditing & Taxation, 12, 1-22.

Lin, Z., Y. Jiang, dan Y. Xu. 2011. Do Modified Audit Opinions Have Economic Consequences? Empirical Evidence Based on Financial Constraints. China Journal of Accounting Research, 4, 135-154.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v20i1.1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.