Pembentukan Opini Publik di Media Sosial Pada Isu Pemaksaan Penggunaan Jilbab di Sekolah

Errika Dwi Setya Watie, Citra Safira, Suhariyanto Suhariyanto

Abstract


Pada Agustus 2022, viral di dunia maya mengenai guru yang diduga memaksa murid perempuannya untuk mengenakan jilbab yang terjadi di Yogyakarta dan Jakarta. Hal ini menjadi perbincangan para warganet mengenai sikap guru tersebut. Reaksi warganet ini merupakan bentuk opini publik di media sosial atas isu yang berkembang di masyarakat. Media sosial dengan semua dinamikanya telah membawa warna baru dalam kehidupan manusia masa kini, terutama bagi mereka pengguna aktif internet yang banyak dikenal dengan netizen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan analisis data interaktif miles dan hubermas. Adapun unggahan di media sosial yang diteliti, adalah unggahan yang terkait isu pemaksaan penggunaan jilbab, yang diunggah pada bulan agustus-september 2022. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa opini yang terbangun atas isu yang ada, dipicu lebih banyak oleh posting dari akun media sosial berinstitusi besar. Opini yang ada, terbagi menjadi dua kelompok besar, pertama bahwa isu yang ada murni memang kesalahan oknum pendidik yang menerapkan kebijakan tidak pada porsinya, dan pendapat umum yang kedua bahwa isu yang terbangun sebenarnya terkait dengan isu lain yang ada, seperti sosial budaya, ekonomi, dan politik


Full Text:

PDF

References


Alkatiri, A. B., Nadiah, Z., & Nasution, A. N. (2020). Opni Publik Terhadap Penerapan New Normal di Media Sosial Twitter. Coverage : Journal of Strategic Communiation, 11(1), 19-26.

Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif ( Konsep dan Praktis dalam Bidang Pendidikan Agama Islam). Pati: Al Qalam Media Lestari.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV.Jejak.

Dalila, A., & Purnama, C. (2020, Januari - Juni). Pembentukan Opini Publik oleh Media: Cable News Network (CNN) Indonesia dalam 2018 North Korea–United States Singapore Summit. Indonesian Perspective, 5(1), 50-71.

kbbi.web.id. (2022, November 30). Retrieved from kbbi.web.id: https://kbbi.web.id/fasilitas

Khairi, H. (2017). Dinamika Pelaksanaan Urusan Di Bidang Persandian pemerintah Daerah. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mahardika, G. R. (2021, September 25). news. (Institute Teknologi Sepuluh November) Retrieved from its.ac.id: https://www.its.ac.id/news/2021/09/25/toleransi-beragama-indonesia-bagaikan-gajah-di-pelupuk-mata/

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia Group.

P.Vos, T. (2019). Media Gatekeeping. In d. Tim P.Vos, An Integrated Approach to Communications Theory and Research. New York: Rautledge.

Patrick, J. (2019, Mei 23). teknologi. Retrieved from cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190523110545-185-397733/people-power-kekuatan-medsos-dan-pengaruh-media-daring/3

Putriyani, D. (2017). Strategi Komunikasi Satuan Reserse Narkoba Polres. Strategi Komunikasi Satuan Reserse Narkoba Polres, 22.

Syarief, F. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Proses Pembentukan Opini Publik (Analisa Wacana Twitter Sby). Jurnal Komunikasi, VII(3), 262-266.

Tosepu, Y. A. (2018). PENDAPAT UMUM DAN JAJAK PENDAPAT Teori, Konsep dan Aplikasi. Surabaya: Jakad Media Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/janaloka.v2i1.9430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: