Analisis Semiotika pada Logo Sustainable Development Goals (United Nations)

Priyanka Rahaneta, Errika Dwi Setya Watie

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis logo Sustainable Development Goals (SDGs) United Nations dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Fokus analisis terletak pada ikon SDG 3 (Good Health and Well-Being), SDG 13 (Climate Action), dan SDG 15 (Life On Land). Metode yang digunakan adalah triangle of meaning Peirce yang terdiri dari representamen, objek, dan interpretant. Analisis mendalam dilakukan terhadap setiap elemen visual dari ikon-ikon tersebut, mengkaji bagaimana tanda – tanda tersebut merepresentasikan tujuan yang dimaksud serta dampaknya terhadap pemahaman dan kesadaran publik mengenai isu – isu terkait. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan mengenai efektivitas komunikasi visual dari logo – logo SDGs dalam menyampaikan pesan-pesan penting terkait pembangunan berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Darma, S., Sahri, G., Hasibuan, A., Wirta, I. W., Silitonga, I. D., Sianipar, V. M., . . . Hasyim, M. 2020. Pengantar Teori Semiotika. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Ersyad, F. A., & Arifin, D. S. 2023. Semiotika Teori dan Aplikasi pada Desain Logo. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.

Fadli, M. R. 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika, 36.

Habibi, M., & Pratama, D. A. 2021. Dampak pandemi COVID-19 terhadap capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Journal of Government Science, 69-70.

Hati, P. C., & Kurniati, M. A. 2022. Makna simbol dalam tradisi lelang tembak analisis semiotika Charles Sander Pierce di Desa Seridalam Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Komunikasi dan

Budaya, 68.

Ilmi, N. 2018. Kajian semiotik dalam iklan Kartu AS. 200.

Mulyani, S. 2017. Pengaruh logo Unilever terhadap keputusan pembelian menurut ekonomi Islam (Studi Kasus pada Konsumen Produk Kosmetik Ponds di Giant Metropolitan Panam). 27.

Raflyanto, M., Qeis, M. I., & Anto, P. 2023. Kajian tipografi pada logo UMKM Daddy’s Takoyaki. Jurnal Kreasi Seni dan Budaya.

Rahayu, I. S. 2021. Analisis kajian semiotika dalam puisi Chairil Anwar menggunakan teori Charles Sanders Peirce. Jurnal Semiotika, 31.

Suárez, V. J., Besteiro, S. R., Eras, J. J., Sanchez, A. B., Jiménez, E. N., Gonzalez, M. D., . . . Aguilera, J.

F. 2022. Sustainable Development Goals in the COVID-19 Pandemic: A Narrative Review.

MDPI, 2.

Vera, N. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Yayah, R., Dendi, P., & Anto, P. 2021. Elemen visual pada desain media promosi. Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 164.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/janaloka.v2i2.10972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: