EVALUASI PARKIR ON STREET TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI JALAN BRAGA KOTA BANDUNG

Achmad Fauzan Iscahyono

Abstract


Jalan Braga merupakan salah satu kawasan perdagangan yang menjadi tujuan destinasi wisata bagi para pengunjung luar kota maupun dalam kota. Parkir on street yang berada di Jalan Braga akan membawa dampak, berupa berkurangnya lebar efektif jalan yang akan mempengaruhi besaran kapasitas jalan. Secara tidak langsung, hal tersebut akan berdampak pada penurunan kinerja ruas jalan hingga menimbulkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan pengaruh antara parkir on street dengan kinerja ruas jalan yang dilakukan melalui analisis korelasi dengan bantuan aplikasi SPSS. Jenis analisis korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Pearson dengan menggunakan jenis data rasio. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa adanya hubungan yang kuat antara karakteristik parkir on street dengan kinerja lalu lintas yang ditunjukkan dengan nilai korelasi lebih besar dari 0,90. Nilai korelasi positif menandakan bahwa jika jumlah parkir on street meningkat, maka angka derajat kejenuhan juga akan meningkat. Dengan demikian, dapat diindikasikan parkir on street memiliki pengaruh terhadap kinerja lalu lintas jalan.

Keywords


Parkir On Street; Kinerja Ruas Jalan; Analisis Korelasi

Full Text:

PDF

References


Abdulsalam, Aris. (2022, Februari 18). Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung. ayobandung. Diakses dari ayobandung.com.

Basri, A. (2017). Analisis Dampak Parkir terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Sekitar Mall Panakkukang Kota Makassar. Skripsi Sarjana, Universitas Islam negeri Alauddin Makassar.

Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2019 Tentang Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2019 – 2023.

Firdaus, Z. (2009). Kolerasi Antara Pelatihan Teknis Perpajakan, Pengalaman dan Motivasi Pemeriksa Pajak Dengan Kinerja Pemeriksa Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Di Jakarta Barat. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fuad, Z.A. & Noerdin, R. (2014). Pengaruh Manuver Kendaraan Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Karakteristik Lalu Lintas Dan Biaya Operasional Kendaraan (Studi Kasus Pada Jalan Brigadir Polisi Abdul Kadir) Kota Palembang. PILAR, 10(2).

Hobbs, F.D. (1995). Traffic Planning and Engineering. Oxford: Pergamon Press

Iscahyono, A. F. (2020). Pengelolaan Penyediaan Parkir sebagai Upaya Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Kabupaten Banyuwangi. Planners InSight, 3(1), 1-0.

Iscahyono, A. F., & Yulindar, Y. (2023). Dampak Kegiatan Komersial Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. Indonesian Journal of Spatial Planning, 4(1), 1-14.

Keputusan Walikota Bandung Nomor 551/Kep. 648-DisHub/2017 Tentang Penetapan Lokasi dan Posisi Parkir di Tepi Jalan Umum dan Tempat Khusus Parkir di Kota Bandung

Munawar, A. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta: Beta Offset.

Saputra, M.I., Ridlo, M.A. & Mudiono R. (2023). Pengaruh Parkir pada Badan Jalan terhadap Kinerja Ruas Jalan Tlogosari Raya Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Sultan Agung Universitas Islam Sultan Agung, 2(1), 827-849.

Soewarno, N., Hidjaz, T. & Virdianti, E. (2018). Mengembalikan Citra Kawasan Jalan Braga Bandung. Bandung: Epigraf

Solehudin, Mochamad. (2020, Januari 20). Pemkot Bandung Kaji Jalan Braga Bebas Parkir. detikNews. Diakses dari https://news.detik.com

Suthayana, Putu Alit. (2010). Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Ruang Parkir pada Pusat Perbelanjaan di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Universitas Udayana, 14 (1), 10-19.

Yany, R.M., Farida, I. & Walujodjati, E. (2016). Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Ciledug Kota Garut). Jurnal Konstruksi Institut Teknologi Garut, 14(1), 81-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ijsp.v5i2.10331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats