Eksistensi Dalihan Na Tolu Dalam Menangani Covid-19 Pada Masyarakat Batak Toba Di Semarang

Amri Panahatan Sihotang

Abstract


Pandemi Covid-19 suatu wabah yang telah merubah kehidupan interaksi manusia di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Wabah ini membawa manusia untuk merubah berbagai macam bidang tidak hanya perilaku akan tetapi kehidupan sosial budaya yang terdapat di masyarakat juga ikut mengalami perubahan. Sampai sekarang wabah pandemi ini mengalami peningkatan yang terus meningkat. Di Kota Semarang masyarakat yang terjangkit Virus Covid-19 menetapkan Kota Semarang masuk dalam kategori Zona Merah. Untuk menanggulangi penyebaran wabah ini masyarakat suku Batak Toba yang hidup di Kota Semarang dengan Falsafah Hidup Dalihan Na Tolunya ikut berpartisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi Dalihan NaTolu sebagai falsafah hidup masyarakat Suku Batak dalam menangani Covid-19 pada masyarakat Suku Batak Toba di Kota Semarang dan hambatan-hambatan yang dihadapi masyarakat Suku Batak Toba dalam menangani Covid-19 di Kota Semarang. Jenis Penelitian ini adalah Yuridis Sosiologis. Penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dilakukan dengan cara meneliti di lokasi penelitian pada kehidupan masyarakat Suku Batak Toba di Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan narasumber dan menyebarkan kuesioner kepada para responden. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif Analitis untuk menjawab permasalahannya. Masyarakat Batak Toba memiliki banyak keunikan seperti sistem perkawinan, sistem kekerabatan, bahasa dan falsafah hidup yang mereka junjung tinggi yaitu Dalihan Na Tolu. Masyarakat Batak Toba di Kota Semarang menjaga dan melestarikan adat budaya Dalihan Na Tolu meskipun mereka berada jauh di perantauan. Aktivitas yang dilakukan Masyarakat Batak Toba di kota Semarang dalam menangani Covid-19 menggunakan falsafah hidup yang mereka miliki yaitu Dalihan Na Tolu. Dalihan Na Tolu adalah sarana pengikat tali kasih antar masyarakat Batak di Kota Semarang dengan mengetahui siapa yang menjadi Hula-hula, Dongan Tubu ataupun Boru memudahkan  dalam melakukan aktivitas dalam penanganan Covid-19 pada Masyarakat Batak Toba di Semarang.


Keywords


Dalihan Na Tolu; Eksistensi; Masyarakat Batak Toba

Full Text:

PDF

References


Aji Satria Nugraha, Kearifan Lokal dalam Menghadapi Pandemi...751p-ISSN 2528-1410 e-ISSN 2527-8045

Brian Tamanaha. 2001. A General Jurisprudence of Law and Society. Oxford University Press.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara, Jakarta, 2002,

Ndona, Yakobus,Kemanusiaan dalam falsafah hidup masyarakat Batak Toba

Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001., hal 43.

Kemanusiaan dalam falsafah hidup masyarakat Batak TobaYakobus Ndona.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamuji, Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat,

Triana, D. (2018). Mitigasi Bencana Melalui Pendekatan Kultural Dan Struktural. Seminar Nasional ReTII Ke-12.

Jurnal

Vidhyandika D. Perkasa Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial, |International Journal of Infectious Diseases, 93, 211–216.

Muhammad Arif Saefuddin. Budaya Dalam Pandemi Covid 19 : Kolektifis atau Individualis. Jurnal Psikologi dan Budaya. Psikologi dan Budaya, Vol. 4 No. 3, 2020.

Aji Satria Nugraha. Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 : Sebuah Kajian Literatur. Societas, Vol. 10, Nomor 1, 2020.

Syahron Lubis. Dailahan Na Tolu as a Bond of Social Cohesion. International Journal of Development and Sustainability, Vol. 8 No. 2, 2019.

C.Internet

(http://bakkara.Blogspot.com.dalihan-na-tolu.html, 29 Juni 2006).

.(https://www.beritasatu.com/parulian-manullang/opini/7075/pendekatan-budaya-menghadapi-covid19)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200324095851-20-486338/jokowi-ungkap-alasan-tak-tetapkan-lockdown-coronaDjalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). https://books.google.co.id/books?id=SVmkJEwWGwACGugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (2020). Situasi virus COVID-19 di Indonesia. https://covid19.go.id/peta-sebaranHarapan, H., Itoh, N., Yufika, A., Winardi, W., Keam, S., Te, H., Megawati, D., Hayati, Z., Wagner, A. L., & Mudatsir, M. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): A literature review




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/humani.v13i2.8043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Humani (Hukum dan Masyarakat Madani)



Office : Fakultas Hukum Universitas Semarang

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Indonesia Telp:024-6702757, Fax: 024-6702272, email : humani@usm.ac.id

View My Stats  

Follow Me :

@humaniUsm                    @jurnalhumani