ANALISA CITRA BERBASIS FITUR WARNA TEKSTUR DAN HISTOGRAM UNTUK MENENTUKAN KEMIRIPAN CITRA

Muhammad Sipan, Rony Kartika Pramuyanti

Abstract


Citra merupakan sebuah gambaran dari sebuah objek yang menarik untuk di teliti. Penelitian ini membahas tentang Analisa citra berbasis fitur warna, tekstur dan histogram. Fitur-fitur ini akan dicari untuk memperoleh nilai yang akan digunakan sebagai acuan untuk mencari kemiripan citra berdasarkan error pada citra. Besar kecil nya error yang di peroleh dari nilai-nilai fitur tersebut menunjukan besar kecilnya kemiripan dari sebuah citra.
Fitur warna citra berpengaruh pada kejelasan sebuah objek yang ada pada citra tersebut. Dengan warna yang ber-beda-beda objek dapat dideteksi dengan cepat walaupun hanya dengan kasat mata. Analisa citra dengan fitur warna yang dilakukan menggunakan nilai RGB pada citra yang dicari fiturnya, yaitu nilai Red, Green dan Blue pada tiap blok pikselnya. Setelah nilai fitur watna diperoleh, kemudian dicari nilai fitur tekstur menggunakan metode statistika orde dua yaitu Gray Level Cooccurrence Matrix (GLCM). Fitur-fitur tekstur tersebut antara lain: Kontras, IDM ASM, Entropi, dan Korelasi.
Tahap akhir dicari nilai histogram dari tiga kondisi citra yang berbeda-beda untuk menunjukkan kondisi terang, normal dan gelap. Nilai-nilai fitur yang di peroleh kemudian digunakan untuk mencari kemiripan citra dengan menentukan besar kecilnya nilai error, dimana pada penelitian ini digunakan MSE (Mean Square errors) dan MAE (Mean Absolute Errors) untuk mencari besar nilai error.
Keyword: fitur, warna, histogram, Glcm, MSE.


Keywords


fitur, warna, histogram, Glcm, MSE.

Full Text:

PDF

References


. Ambika Kalia1, Balwinder Singh, Colorization of Grayscale Images: An Overview , ournal of Global Research in Computer Science, Volume 2, No. 8, August 2011

. R. Venkata Rahmana Chary, D. Rajya Laksmi, K.V.N. Sunitha. Feature extraction methods for color image similar-ity . Institute of Technology, India, 2012.

. Shiguang liu, Xhiang Zhang, Automatic Grayscale im-age colorasion using histogram regression , School of com-puter science and technology, Tianjin University, china, 2012.

. V. konusin, V. vezhnevets, interactive image coloriza-tion and recoloring base on coupled map lattices . Moscow State University, Rusia.

. Zhong Zhen, qquad Gui Yan, qquad Ma Lizhuang, An Automatic Image and Video Colorization Algorithm based on Pattern Continuity , Shanghai Jiao Tong University, 2012.

. Ustin Sousa, Rasoul Kabirzadeh, Patrick Blaes, Auto-matic Colorization of Grayscale Images , Department of Electrical Engineering, Stanford University, 2013.

Sipan Muhammad, Analisis Tekstur Photo Lama Menggunakan Fitur Tekstur Gray Level Co-Occurrence Matriks Pada Pewarnaan Citra Otomatis Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Semarang, 2017.

Susanto Adi, Kadir Abdul, Teori dan Aplikasi Pen-golahan Citra Andi Yogyakarta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/elektrika.v11i1.1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office: Electrical Engineering Lecturer Room, 7th Floor of Menara USM Building, Universitas Semarang, Jalan Soekarno - Hatta, Tlogosari, Semarang - Central Java Tel:(024) 6702757 Fax: (024) 6702272, Email: elektrika@usm.ac.id

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.