VISUALISASI KONSEP PERLAYANGAN GELOMBANG DENGAN MEMANFAATKAN SPREADSHEET EXCEL
DOI:
https://doi.org/10.26623/elektrika.v10i2.1168Keywords:
perlayangan gelombang, superposisi, spreadsheetAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju telah menghasilkan berbagai macam peralatan canggih yang dapat menunjang terpenuhinya kebutuhan hidup. Oleh sebab itu diperlukan generasi penerus yang pandai dan kreatif. Hal ini yang menyebabkan kebutuhan pendidikan yang semakin tinggi dan permasalahannya semakin kompleks. Pembelajaran tentang gelombang sudah didapatkan sejak duduk di bangku SMP, tetapi pemahaman tentang hal ini masih kurang. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang diberikan komputer, perumusanperumusan gelombang elektromagnetik yang abstrak akan lebih mudah dipahami. Visualisasi dari grafiknya dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk lebih memahami materi yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan, tahapan yang pertama dimulai dari studi pustaka pendukung terutama yang berkaitan dengan superposisi gelombang. Langkah selanjutnya adalah menurunkan rumusan superposisi dua gelombang dengan variasi frekuensi, amplitudo, dan fase yang berbeda-beda. Tahapan kedua yang dilakukan hampir sama dengan tahapan pertama yaitu studi pustaka, namun cukup dengan memperoleh fungsi gelombang tunggal. Selanjutnya berdasarkan fungsi gelombang dengan variasi frekuensi, amplitudo, dan fase. Proses superposisi gelombang dilakukan dengan cara menjumlahkan data sintetik fungsi gelombang 1 dan 2, menghasilkan data sintetik fungsi gelombang hasil superposisi. Data sintetik ini kemudian divisualisasikan dalam bentuk grafik Penelitian ini menghasilkan visualisasi konsep perlayangan gelombang yang diungkapkan dalam grafik hubungan antara simpangan terhadap waktu dengan frekuensi berbeda, amplitudo dan beda fase yang berbeda.
Kata kunci : perlayangan gelombang, superposisi, spreadsheet
Downloads
References
Connery, K.F. 2007. Graphing Predictions Enhancing Higher Order Thinking Skills in Science and Mathematics. Washington: National Academy Press. I Nyoman, S. 2010. Mempelajari Konsep Matematika yang Tersembunyi pada Tabel Perkalian melalui Spreadsheet. JPTK UNDIKSHA. Vol.7(1).1-12. Jan, B., and Sona, C. 2017. Free Fall in Vacuum and in the AirCalculating Limits Using a Real Example and Demonstrating the Limiting Process to High School Students Using Excel. Electric Journal Spreadsheet in Education. Vol 9(3). 1-13. Lau, M.A., dan Kuruganty, S.P. 2010. Spreadsheet Implementations for Solving Boundary-Value Problems in Electromagnetics. Electric Journal Spreadsheet in Education. Vol. 4(1). 1-18. Lau, M.A. 2016. Spreadsheet Implementation of Numerical and Analytical Solutions to Some Classical Partial Differential Equations. Electric Journal Spreadsheet in Education. Vol. 9(1). 1-45. Putri, S., dan Pujayanto. 2015. Media Pembelajaran Menggunakan Spreadsheet Excel untuk Materi Osilasi Harmonik Teredam. Prosiding SNFPF. Vol 6(1). 263269 Sudjana N. dan A. Rifai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset. Sutardi. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Spreadsheet untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berkomunikasi Ilmiah. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIV HFI Jateng. 168-179. Tjia M.O. 1994. Gelombang. Solo: Dabara Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License which allows others to share the work with recognition of the authorship of the work and initial publication in the journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for non-exclusive distribution of the published journal version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), in recognition of its initial publication in this journal.
Authors are allowed and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published works (See The Effects of Open Access).
This work is licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.