Analysis of The Effect of Tax Socialization, Tax Sanction, and Quality of Service of Tax Officials on MSME Taxpayer Compliance (Case Study on Individual and Entity Taxpayers in Pati Regency)
Abstract
This study aims to determine the effect of Tax Socialization, Tax Sanctions, and Service Quality of Tax Officers on MSME Taxpayer Compliance.The population in this study are individual taxpayers and MSME entities registered at the KPP Pratama Pati Regency. Samples were taken as many as 100 respondents using the incidental sampling method, namely a sampling technique where the distribution of questionnaires in this case was carried out to respondents who were willing or willing to be asked for data by researchers. While collecting data using a questionnaire. The results of this study indicate that Tax Socialization has a significant positive effect on Taxpayer Compliance, Tax Sanctions have a significant positive effect on Taxpayer Compliance, and Service Quality of Tax Officers has a significant positive effect on Taxpayer Compliance, and Tax Dissemination, Tax Sanctions and Service Quality of Tax Officers simultaneously significant positive effect on Taxpayer Compliance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, Imtihan Faiza. 2014. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh, 3(4), 222–233.
Adhimatra, A.A. Gede Wisnu, dan Naniek Noviari. 2018. Faktor Yang Memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.
Afianto, Ferizal Ahmad. 2017. Pengaruh Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Dan Biaya Kepatuhan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi Di D.I Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Barus, S. A. H. 2016. Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jom. Fekon, 3(1), 295– 309.
Darmawan, Aditya. 2020. Analisis Atas Kepatuhan Formal Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Dipengaruhi Oleh Pengetahuan Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Berdomisili Di RW 09 Desa Ciberang, Kabupaten Cianjur). Skripsi. Bandung: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis – Universitas Komputer Indonesia.
Ester, Kilapong G, Grace B. Nangoi, dan Stanly W. Alexander. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi - Universitas Sam Ratulangi.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jatmiko, A. N. 2006. Pengaruh Sikap Wajib pajak pada pelaksanaan sanksi denda,pelayanan fiskus, dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak : Studi Empiris terhadap wajib pajak orang pribadi di Kota Semarang. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.
Mardiasmo, 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta.
Nugroho,Agus. 2006. Pengaruh sikap wajib pajak pada pelaksanaan sanksidenda,pelayanan fiskus dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak (studi empiris terhadap wajib pajak orang pribadi di Kota Semarang). Tesis Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Pratama, Rexy Anugerah dan Erly Mulyani. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi Vol. 1 No. 3, hal. 1293-1306.
Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanusi, Anwar.2014. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Cetakan ke Empat.
Saraswati, Anggun Kurnia. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Skripsi Universitas Diponegoro. Semarang.
Silalahi, Sixvana, Mochammad Al Musadieq, dan Gunawan Eko Nurtjahjono. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Dan Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi - Universitas Brawijaya.
Yulia, Yosi, Ronni Andri Wijaya, Desi Permata Sari, dan M. Adawi. 2020. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Umkm Dikota Padang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ebsj.v7i2.7852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Economics and Business Solutions Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Economics and Business Solutions Journal
Published by :
Faculty of Economics, Semarang University
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6084
E-ISSN : 2580-8079
Email : jseb@usm.ac.id