PENINGKATAN PENGGUNAAN WEBSITE FRAMEWORK LARAVEL PADA KOMUNITAS UMKM RW. 15 TANJUNG MAS SEMARANG UTARA

Vensy Vydia, Aria Hendrawan, Lenny Margaretta Huizen

Abstract


Kesadaran tentang peranan teknologi informasi dalam berbagai aktivitas manusia semakin meluas di seluruh lapisan masyarakat. Jutaan komputer di seluruh dunia terhubung dalam jaringan internet, memungkinkan akses informasi tanpa batas. Salah satu cara menyebarluaskan informasi di internet adalah melalui website, yang memudahkan penyampaian informasi produk maupun kegiatan. UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, yang merupakan kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil, masih banyak yang menggunakan sistem tradisional dalam penjualan dan promosi produk, termasuk UMKM Srikandi Cantik Bahari RW.15 di Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara. Mayoritas pelaku UMKM di RW.15 belum mengadopsi sistem komputerisasi karena kendala biaya, kurangnya pemahaman tentang internet, dan fasilitas showroom yang belum memadai. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan terhadap UMKM Srikandi Cipta Bahari menunjukkan peningkatan signifikan. Hasil pre-test menunjukkan 59,1% peserta masih melakukan pencatatan manual dan 63,6% menyatakan penjualan produk mereka belum terkelola dengan baik. Seluruh peserta merasa membutuhkan bantuan teknologi untuk mempermudah pembuatan katalog produk. Hasil post-test menunjukkan 95,5% peserta merasa terbantu dalam menerapkan teknologi yang diajarkan, dan 81,8% peserta merasa puas dengan pelatihan ini. Selain itu, 90,9% peserta menganggap pelatihan ini sebagai solusi efektif dalam pemasaran produk UMKM. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan teknologi sangat penting dalam membantu UMKM meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional mereka.


Full Text:

PDF

References


Andiyanto, A., 2013, “Sistem Informasi Promosi Produk Berbasis Web Pada Toko Crop Sticker Klaten. Yogyakarta.

Wahid, N., 2016, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Produk UKM Kerajinan Ukir Kaca Sebagai Portal Community Marketing Berbasis Web.” Surakarta.

Atmaja, J., 2015, “Rancang Bangun Aplikasi Toko Buku Online Menggunakan Framework Laravel”.

Tjiptono, F., Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga Cetakan Pertama. (Yogyakarta: Andi Offset,2001), 219.

Rohman, 2014, Mengenal Framework “Laravel (Best PHP Frameworks For 2014)”.

Rosa & M., 2013, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : INFORMATIKA.

Kelanohon, I., 2016, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Penginapan Lisar Baharian”. Yogyakarta

https://www.beritasatu.com/ekonomi/649039/kebutuhan-umkm-untuk-goonline-meningkat. Diakses tanggal 21 Maret 2022

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3016/optimalisasi-produktivitas-umkm-melalui-go-digital-dan-go-legal. Diakses tanggal 21 Maret 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v2i2.9603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.