OPTIMASI INSTAGRAM DENGAN SEO SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMASARAN DAN INTERAKSI UMKM DENGAN PELANGGAN

Authors

  • Pratama Angga Buana UNIVERSITAS SEMARANG
  • Titin Winarti UNIVERSITAS SEMARANG
  • Edi Widodo UNIVERSITAS SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.26623/dimastik.v2i1.8534

Abstract

UMKM adalah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. Keberadaan UMKM berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia, salah satunya mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja. Kota Semarang sampai dengan bulan Maret 2022, telah memiliki 23.984 UMKM yang tercatat. Di era pandemi Covid-19 telah terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online. Media sosial menjadi solusi yang potensial dalam bisnis untuk dapat mengidentifikasi, berkomunikasi, membagikan informasi, mengetahui kunjungan pelanggan, lokasi dan pola interaksinya, reputasi bisnis dimata pelanggan dan membentuk kelompok antar pelanggan. Banyak ragam media sosial namun, lebih banyak pelaku usaha memanfaatkan instagram dengan alasan lebih mudah dan praktis. Beberapa UMKM di Semarang Selatan sudah menggunakan Instagram sebagai media pemasaran maupun penjualannya. Namun, pemahaman terkait tentang optimalisasi penggunaannya dalam menunjang pemasaran dirasa masih kurang dan ada yang belum memahami terkait algoritma pada sosial media tersebut. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, Universitas Semarang bersama Gerai Kopimi Semarang Selatan mengadakan pelatihan terkait dengan optimasi Instagram menggunakan SEO sebagai penunjang pemasaran maupun interaksi pada pelanggan. Metode yang digunakan dengan memberikan materi yang terdiri dari : pentingnya sosial media, brand awareness, dan optimasi Instagram dengan SEO. Dilanjutkan dengan asistensi praktik secara langsung terkait optimasi Instagram. Harapannya kedepan para pelaku UMKM di Semarang Selatan dapat menerapkannya langkah-langkah yang diberikan saat mem-posting sebuah gambar/video pendek terkait produknya. Sehingga, dapat menunjang pemasaran dan interaksi dengan pelanggan. Luaran yang dihasilkan nantinya berupa publikasi jurnal ber-ISSN, publikasi media massa cetak/online, video pelaksanaan, kuesioner, dan modul/buku ajar, serta HKI-nya.

Kata Kunci: Gerai Kopimi, Instagram, Media Sosial, SEO, UMKM

Author Biographies

  • Pratama Angga Buana, UNIVERSITAS SEMARANG
    DOSEN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI DARI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS SEMARANG
  • Titin Winarti, UNIVERSITAS SEMARANG
    DOSEN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI DARI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS SEMARANG
  • Edi Widodo, UNIVERSITAS SEMARANG
    DOSEN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI DARI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS SEMARANG

References

Ameliawaty, Rianty dan Ii Halilah. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Customer Decision Making. Jurnal Politeknik Negeri Bandung. 3(2): 63-73. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/an/article/download/934/1068/

Cholilawati. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19. Equilibrium Jurnal Pendidikan. 9(1):18-24, https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4316/3104

Cindy Cecilia Kim. (2023). Pemanfaatan Konten Instagram untuk Membangun Customer Engagement dalam UMKM Indonesia. Jurnal Strategi Desain & Inovasi Sosial. 4 (2) : 144-149, http://dx.doi.org/10.37312/jsdis.v4i2.6938

C. . Tri Widiastuti, Wahyu Puspitasari, Irene Nathalia Setiawan. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada UMKM Di Kota Semarang (Studi Pada UMKM Tempe Di Kelurahan Sendangguwo Semarang). Solusi Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. 20(3) : 236-242, http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i3.5195

Diana Novita, dan NafisahYuliani. (2021). Pemanfaatan Instagram Di Dalam Mengelola Bisnis Online Bagi UMKM. Forum Ilmiah Esa Unggul. 18(1) : 55-62, UEU-Journal-18538-11_0900.pdf (esaunggul.ac.id)

Pranata, I Wayan Dicky Reza, dan Km. Agus Satria Pramudana. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud. 7(10):5230-5257. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i10.p2

Ramadayanti, Firda. (2019). Peran Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis (JSMB). 6(2):78-83, https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i10.p2

Salman Al Farisi , Muhammad Iqbal Fasa, Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. E-jurnal IAIPD Nganjuk. 9(1) : 73, https://doi.org/10.53429/jdes.v9iNo.1.307

Santika dan Maulana. (2020). Penurunan Pendapatan UMKM akibat Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara.1(1), Oktober 2020. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn.

Widayat, Meiny Suzery, Hendra Try Ardianto. (2022). Analisis Pemahaman UMKM di Kota Semarang terhadap Kebijakan Produk Halal. Jurnal Riptek Bappeda Kota Semarang. 16(2) : 153-160, https://doi.org/10.35475/riptek.v16i2.170

Downloads

Published

2024-01-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 396 ,