STRATEGI PROMOSI PRODUK UMKM DI APLIKASI TOKOPEDIA UNTUK MENJANGKAU TARGET PASAR YANG LEBIH LUAS DI KELOMPOK UMKM KECAMATAN SEMARANG SELATAN

Eka Putri Rachmawati, Saifur Rohman Cholil, Ahmad Rifa'i

Abstract


Pada era globalisasi ekonomi, UMKM dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan transformasi digital dan bersaing di pasar yang semakin terbuka. Marketplace online seperti Tokopedia menawarkan peluang baru bagi UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan efisiensi operasional. Namun, banyak UMKM yang belum melek digital dan menghadapi kendala dalam mengadopsi teknologi digital. Dalam konteks ini, program pengabdian masyarakat bertujuan untuk menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan tentang penggunaan Tokopedia sebagai media promosi yang inovatif bagi pelaku UMKM di Gerai Kopimi Semarang Selatan. Tujuan program ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta dalam mengadopsi teknologi dan meningkatkan kinerja bisnis mereka di era digital. Target luaran program mencakup peningkatan pengetahuan peserta tentang fitur-fitur Tokopedia dan teknologi digital, efisiensi operasional UMKM dalam pemasaran online, serta peningkatan keahlian teknis peserta dalam menggunakan platform Tokopedia Seller. Pelaksanaan kegiatan melibatkan ceramah dan praktikum selama 1 hari dengan dukungan penggunaan smartphone. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner sebelum dan setelah acara. Hasil evaluasi kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman mitra tentang bagaimana memperomosikan produk UMKM menggunakan aplikasi Tokopedia Seller. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengatasi kendala teknologi dan meningkatkan kehadiran bisnis mereka di pasar online.


Full Text:

PDF

References


Hasan, M., Dzakiyyah, A., Kumalasari, D. A., Safira, N., & Aini, N. (t.t.). Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 17, 2021. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK

Indonesia.go.id - Wirausahawan mapan, ekonomi nasional kuat. (n.d.). https://indonesia.go.id/kategori/perdagangan/4994/wirausahawan-mapan-ekonomi-nasional-kuat?lang=1

Kementerian Ketenagakerjaan. (2022). Proyeksi Kebutuhan Tenaga Kerja di Perusahaan Berdasarkan Kompetisi Pada Sektor Teknologi Informatikan & Komunikasi Pada Tahun 2022-2025. https://satudata.kemnaker.go.id/publikasi/69

Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia [KEMENKOPUKM]. (n.d.). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018-2019. https://kemenkopukm.go.id/data-umkm.

Kemp, S. (2023, February 4). Digital 2023: Global Overview Report — DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report

Ma, I., Rizka Indah, B. W., Imaniar Rizqi, E., Kustiningsih, N., & Studi Fakultas Ekonomi Akuntansi Kampus STIE Mahardhika, P. (2022). PENGARUH MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI KREATIF PADA UMKM D’ELIXIR. 2(2). https://doi.org/10.46306/rev.v2i2

Nurdaya, B., Sholahuddin, M., & Kuswati, R. (t.t.). TRANSFORMASI DIGITAL BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) DALAM PENGELOLAAN MARKETPLACE UMKM. 7(2), 2023. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3076

Putri Himmatul Karimah, B., & Priharsari, D. (2022). Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Vol. 6, Nomor 3). http://j-ptiik.ub.ac.id

Susanto, D. P. (2022, Agustus 11). Saatnya Gerai Kopimi Peterongan untuk Eksis di Media Sosial, Khususnya Instagram. https://www.kompasiana.com/

Tim Survei APJII. (2023). Survei Penggunaan Internet Oleh UMKM & Korporasi 2023. APJII.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v2i1.8520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.