PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG

Victor Gayuh Utomo, Muhammad Basyier Ardima, Prind Triajeng Pungkasanti

Abstract


SMA Kesatrian 1 Semarang adalah salah satu sekolah favorit yang menjadi dambaan warga masyarakat Semarang dan Jawa Tengah khususnya serta Indonesia pada umumnya. SMA Kesatrian 1 Semarang memiliki keunggulan lokasi strategis tapi membatasi pada hal tersebut tidak cukup. SMA Kesatrian 1 Semarang juga berharap mampu menjaring pasar dengan mengenalkan kegiatan siswa di sekolah. Membuat konten promosi melalui media sosial Instagram dapat menjadi salah satu cara yang ditempuh. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini berusaha memperkenalkan cara agar kegiatan promosi melalui media Instagram ini dapat lebih optimal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, analisa masalah, perumusan metode pelaksanaan, evaluasi pra kegiatan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pasca kegiatan. Pelaksanaan pelatihan sendiri terdiri dari ceramah, peragaan dan praktek. Dari perbandingan hasil evaluasi pra kegiatan dan pasca kegiatan, didapatkan bahwa peserta kegiatan, siswa anggota organisasi sekolah, mendapatkan pemahaman tentang media promosi sebesar 73%, meningkat 34% dibandingkan sebelum mendapatkan pelatihan. Peningkatan pemahaman terutama terkait faktor untuk komunikasi dua arah dari pembuat konten dengan follower di media sosial dan struktur membuat konten yang benar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v2i1.8445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.