PELATIHAN APLIKASI CAPCUT BAGI SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN EDITING VIDEO

Sri Handayani, Susanto Susanto, Nur Wakhidah

Abstract


Variasi media pembelajaran perlu didukung dengan penyajian materi yang menarik, sehingga memberikan pembelajaran yang tidak monoton. Salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi yaitu menjadikan smartphone sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa (Suryaman, 2022).  Salah satu aplikasi yang saat ini sedang tren dalam editing video adalah aplikasi CapCut. Pembelajaran desain grafis yang diberikan pada siswa masih menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop. Permasalahan yang muncul adalah ketrampilan siswa dirasa masih kurang untuk membuat video yang interaktif dan menarik. Sehingga perlu adanya keterampilan editing video yang memiliki ilustrasi atau visual yang lebih kompleks menggunakan aplikasi CapCut (Wijaya et al., 2023). Metode pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pra test, kemudian pemaparan materi yang dilanjutkan praktik langsung di Laboratorium Komputer M.2.3 dan diakhiri dengan evaluasi hasil berupa posttest. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan terdapat peningkatan kemampuan seluruh peserta yang ditunjukkan dari hasil kuesioner responden sebesar 87.9% dimana peserta telah mengikuti dengan baik terhadap materi yang diberikan saat kegiatan dilaksanakan.

Kata Kunci: capcut, editing video, video promosi


Full Text:

PDF

References


Huizen, L M, B V Christioko, and ... 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Capcut Untuk Membuat Video Digital Marketing Sebagai Strategi Promosi Inovatif Produk Umkm.” Jurnal Pengabdian … 3296: 133–45. https://journals.usm.ac.id/index.php/dmstik/article/view/7277%0Ahttps://journals.usm.ac.id/index.php/dmstik/article/download/7277/3380.

Husna, Hanna Nurul et al. 2022. “Penggunaan Video Sebagai Media Edukasi Kesehatan Mata Di Media Sosial.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3): 636.

Muhamad, D. 2019. “Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital.” Infokam 15(2): 116–23.

Murjainah, Murjainah, Kuswidyanarko Arief, and Imansyah Farizal. 2022. “Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Capcut Bagi Guru SDN 14 Banyuasin 1.” Publikasi Pendidikan 12(3): 205.

Nurdiansyah, Dian, Putri Handayani, and Fairuz Zabadi. 2023. “Peningkatan Skill Editing Video Karang Taruna Menggunakan Aplikasi Mobile Phone CapCut Di Desa Lengkong Kulon.” Communnity Development Journal 4(3): 5572–80.

Sari, Mamik Usniyah, Muhammad Harist Murdani, and Alven Safik Ritonga. 2023. “PPM Pemberdayaan Guru TK Dalam Assesment dan Video Editing Sebagai Media Promosi Bagi Kelompok Guru TK Kecamatan Benowo Kota Surabaya.” 6: 1–6.

Suryaman, Yani Suryanti. 2022. “JurnalCakrawalaPendas Pengembangan Media Video Animasi Berbasis.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(3): 841–50.

Wijaya, Vanie, Noferiyanto Sitompul, U Heri Mulyanto, and Sri Wahyuni. 2023. “Pelatihan Editing Video Menggunakan Aplikasi Smartphone CapCut Bagi Ibu-Ibu Gabungan Organisasi Wanita Sambas.” Junal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara Vol. 4 No.(Juni): 1343–51. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/980/785.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v2i1.8351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.