PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PUBLIKASI PADA GURU HIMPAUDI KECAMATAN UNGARAN BARAT

Errika Dwi Setya Watie, Retno Manuhoro Setyowati, Yofiendi Indah Indainanto

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang cepat, menuntut semua orang yang terlibat di dalamnya untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut. Namun demikian realitanya, dengan segala keterbatasan yang ada baik secara internal maupun eksternal, kecepatan dalam mengikuti perkembangan teknologi pun juga beragam. Kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan perkembangan teknologi informasi ini juga dirasakan oleh guru – guru Himpaudi Kecamatan Ungaran Barat. Perangkat telepon pintar yang dimiliki bisa dioptimalkan guna menunjang tugasnya sebagai guru dan sebagai bagian dari sekolah tempatnya bekerja serta organisasi Himpaudi yang menaunginya. Guru Paud saat ini bukan hanya dituntut untuk mampu mengajar, namun juga bisa membuat media pembelajaran yang menarik sekaligus media publikasi, baik untuk kepentingannya sendiri, PAUD/TK tempat bekerjanya, hingga organisasi himpaudi yang menaunginya. Kebutuhan akan pembuatan media pembelajaran dan publikasi yang cepat dan menarik inilah yang coba difasilitasi oleh tim pengabdian dari USM, melalui pengenalan penggunaan aplikasi canva sekaligus meningkatkan literasi guru pada etika dan hak cipta yang mengikuti penggunaan aplikasi ini.


Full Text:

PDF

References


Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.

Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Memasuki Abad 21. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2).

Astina, C. (2022). Peningkatan UMKM bidang pemasaran dan perekonomian melalui pemanfataan aplikasi canva. SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6.

Imron, I., Ong, D., & Andriansah, A. (2022). Analisa Pengaruh Iklan Dari Aplikasi Design Canva Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm. Respati, 17(2), 1–10.

Navastara, D. A., Suciati, N., Fatichah, C., Tjandrasa, H., Arifin, A. Z., Cahyaningtyas, Z. A., Niza, Y., Sierra, E., Sugianto, D., & Hadinata, K. C. (2022). Pemanfaatan E-commerce dan Media Sosial Guna Meningkatkan Ekonomi dan Proses Bisnis UMKM Koppontren NURILA Bangkalan. Sewagati, 6(4), 437–448.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na ix-x aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 560–568.

Roma, N. L., & Thahir, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sebagai Media Pembelajaran IPA. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 181–186.

Rusydi, I. (2017). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Warta Dharmawangsa, 53.

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69.

Suryadi, S. (2015). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Informatika. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/219

Wijayanti, L., Sukwadi, R., Prasetya, W., & Azels, W. A. (2022). Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva bagi UMKM Binaan ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1).

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.

Wulandari, Z., Alam, A., Tyas, G. P., & Syahidah, Y. (2021). Webinar Dan Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya meningkatkan promosi produk UMKM. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 45–51.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v2i1.8347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.