PELATIHAN PRODUKSI CONTENT DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HARD SKILL BAGI PELAJAR SMK JAYA WISATA SEMARANG

Aisha Karmelita Cinta, Citra Dyah Ayu Maharani, Alifa Nur Azifa, Nevis Ari Pratama, Lathifah Noni Diviari, Errika Dwi Setya Watie

Abstract


Cepatnya perkembangan teknologi komunikasi, menuntut ketersediaan sumber daya manusia yang menguasai keterampilan dan kemampuan dalam bidang ini. Konten digital adalah segala bentuk konten yang ada dalam dunia digital. Konten digital dianggap sebagai bagian dari sebuah informasi yang dipublikasikan secara online. Tujuan utama Konten digital adalah untuk menghasilkan hal baru dan informasi tambahan, guna mengubah dan memperbaiki masa depan yang lebih maju. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan Siswa-Siswi SMK Jaya Wisata Semarang pengetahuan, keterampilan dan pengalaman terkait produksi konten digital, diawali dengan penyampaian materi dasar konten digital, memberitahukan semangat dalam pembuatan kontent, dan bagaimana memproduksi konten dengan benar, selanjutnya diikuti post test dengan praktik langsung produksi konten digital melalui salah satu media online yakni Tiktok, secara langsung di SMK Jaya Wisata Semarang. Untuk mengukur tingkat pemahaman peserta, pengelola melakukan pre test di awal kegiatan. Setelah kegiatan pengabdian ini, diharapkan agar peserta memiliki pengetahuan pengalaman dan kemampuan yang cukup di bidang ini.


Full Text:

PDF

References


Hadiyanto, H., Noferdiman, N., Moehamin, M., & Yuliusman, Y. (2017). Assessing students and graduates soft skills, hard skills and competitiveness. People: International Journal of Social Sciences, 3(2), 1885-1906.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31-43

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena content creator di era digital. Prosiding Hubungan Masyarakat, 432-437.

Priherdityo, E. (2018). Kala “Selebgram” Jadi Cita-cita Baru Remaja.

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180713175413-234-313866/kala-selebgram-jadi-cita-cita-baru-remaja

Rohmadi, A. (2016). Tips produktif ber-social media. Elex Media Komputindo.

Hermawan, D. (2018). Content creator dalam kacamata industri kreatif: Peran personal branding dalam media sosial.

Winarno, S. H. (2010). Pengembangan Soft Skill Dan Hard Skill Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Cakrawala, 10(2).

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285-297.

Fitrianti, A. 2023. Content Creator.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v2i1.8250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.