PENINGKATAN KEMAMPUAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI ANGGOTA HASTANA DPW JAWA TENGAH BERBASIS TEKNOLOGI

Gita Aprinta E. B., Errika Dwi S. W., Retno Manuhoro Setyowati

Abstract


Hastana DPW Jawa Tengah selama ini  memang  telah menggunakan website dan sosial Instagram untuk memasarkan produk jasa penata pernikahan atau Wedding Organizer (WO). Meski demikian, strategi komunikasi pemasaran digitalnya masih sekedar menunggah konten di social media dan kurang mendapat respon dari masyarakat, Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan mitra dalam bidang komunikasi pemasaran khususnya peningkatan kemampuan digital marketing dan analisis konten pemasaran berbasis digital sesuai segmen pasar mitra. Metode pengabdian ini menggunakan partisipatif dengan langkah awal pre test, untuk mengukur pemahaman awal dari para peserta tentang digital marketing. Selanjutnya pemberian materi sesuai bidang kepakaran dalam bidang digital marketing. Dalam sesi diskusi, peserta sekaligus diberikan kesempatan tanya jawab dilanjutkan dengan praktik langsung pengelolaan media sosial  didampingi tim pengabdian. Post test diberikan pada akhir acara untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dari peserta.Hasil pengabdian ini peserta mendapatkan peningkatan pemahaman dan penyadaran tentang pentingnya digital marketing. Pengetahuan baru ini menjadi bekal untuk mengoptimasikan  digital marketing sehingga bisa eksis dan mendongkrak pemasaran jasa WO bagi anggota Hastana DPW Jawa Tengah.


Full Text:

PDF

References


Nasrulah, R. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Perencaan, Aktivitas dan Evaluasi. Jakarta: Prenada Media Group.

www.hastana.id diakses hari Senin, tanggal 13 Maret 2022 Siaran Pers Kemenkop, 2021.

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai critical engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan pemerintah (diakses hari Senin 13 Maret, 2022)

Widodo, Wahyu. 2021. UMKM Jawa Tengah di PusaranPandemi. https://mie.feb.undip.ac.id/archives/17245




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v2i1.7327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.