PEMANFAATAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MEMBUAT VIDEO DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PROMOSI INOVATIF PRODUK UMKM

Lenny Margaretta Huizen, Bernadus Very Christioko, Titis Handayani

Abstract


Digital marketing sekarang ini merupakan satu dari beberapa cara yang dapat digunakan sebagai ajang promosi sebuah produk atau jasa. Salah satu dari digital marketing adalah sebuah Video yang dapat digunakan sebagai ajang promosi sebuah barang atau jasa. Melakukan pemasaran suatu barang atau jasa dengan melakukan pembuatan video marketing bisa digunakan sebagai cara untuk memasarkan sebuah brand pada era yang sekarang, yaitu digitalisasi. Di semarang, tepatnya di daerah Semarang Selatan ada sebuah komunitas atau perkumpulan dari beberapa UMKM, yaitu “Gerai Kopi Mi” , dimana didalam Gerai Kopimi merupakan sebuah forum UMKM. Kendala yang dihadapi adalah pemasaran produk-produk dari UMKM masih sebatas foto dengan tampilan atau caption sederhana. Sehingga masih dirasa belum optimal dalam pembuatan promosi sebuah barang. Pemanfaatan salah satu aplikasi pembuatan video yang ada pada Play Store diharapkan dapat memantu para pelaku UMKM dapat mengoptimalkan dalam pembuatan konten-konten pada media sosial sebagai sehingga dapat menarik perhatian serta membangun sebuah kepercayaan. Tujuan Pkm inilah mengenalkan salah satu aplikasi dari pembuatan video yaitu Capcut sebagai ajang sarana promosi inovatif untuk produk pada UMKM. Metode pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah serta praktek secara langsung. Peningkatan kemampuan peserta PkM ditunjukkan dengan meningkatnya hasil kuisioner yang dibagikan setelah dilakukan pelatihan. Bahwa 93,8% (15 orang) sepakat bahwa akan melakukan promosi produk dan jasa mereka menggunakan video.


Full Text:

PDF

References


Haji, A. M. (2016). Revolusi manajemen pemasaran / H. Abdul Manap. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Maidasari, E., Narundana, V. T., & Lolyana, R. (2021). PENGARUH PROMOSI VIDEO MARKETING DAN KESADARAN MEREK DALAM MEMPENGARUI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN YAMAHA. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 128-137.

Nusaibah, R., Suryana, M., & Novianti, S. (2022). Perancangan Advertising Video sebagai Media Digital Marketing dengan Target Meningkatkan Brand Awareness NuArt Sculpture Park. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar (pp. 1304-1310). Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

PPID. (2019). PPID Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Retrieved from https://ppid.semarangkota.go.id/

Setyowati, E. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI. Jurnal manajemen Daya Saing, 102-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i2.7277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.