PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGELOLAAN PRODUK UMKM DENGAN APLIKASI KREALOGI DI KELOMPOK UMKM KECAMATAN SEMARANG SELATAN

Rastri Prathivi, Titin Winarti, Saifur Rohman Cholil

Abstract


Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM menjadi salah satu sektor yang menerima tantangan berat di era pandemi ini. Kebutuhan akan digitalisasi telah menjadi trend gaya hidup yang harus dilakukan oleh berbagai pihak termasuk pelaku UMKM. Data Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga saat ini masih ada 87 persen UMKM yang tertinggal secara digital. UMKM umumnya merupakan usaha yang dirintis dari industri rumahan dengan keterbatasan teknologi baik dari segi produksi maupun pemasaran. Permasalahan di UMKM ini adalah belum mengetahui cara mengatur manajemen untuk memproduksi barang dan belum menggunakan sistem digital atau aplikasi komputer dalam mengatur manajemen untuk memproduksi barang maupun dari segi pemasarannya.

Tujuan dari kegiatan PkM adalah memperkenalkan Universitas Semarang kepada masyarakat melalui IPTEKS, meningkatkan pengetahuan yang terkait dengan manajemen produksi yang dibutuhkan UMKM di Kecamatan Semarang Selatan dan meningkatkan keterampilan manajemen produksi secara digital dengan aplikasi Krealogi yang dibutuhkan UMKM di Kecamatan Semarang Selatan. Manfaat dari kegiatan PkM ini adalah memperluas jaringan kerja sama khususnya kerja sama dengan UMKM di Kecamatan Semarang Selatan.

Solusi yang diberikan melalui kegiatan PkM ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang pengetahuan manajemen produksi barang dan memberikan pelatihan ketrampilan yang terkait dengan digitalisasi manajemen produksi barang untuk mendukung kegiatan pelaku UMKM menggunakan aplikasi Krealogi.

Metode pelaksanaan menggunakan metode seminar dan praktek langsung menggunakan aplikasi Krealogi di smartphone terkait dengan penggunaan aplikasi Krealogi untuk digitalisasi manajemen produksi barang.

Evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua bagian yaitu kuesioner untuk mengukur pengetahuan manajemen produksi barang dan kuesioner untuk mengukur ketrampilan menggunakan aplikasi Krealogi. Kuesioner dilaksanakan dengan dua tahap yaitu pre test dan post test.


Full Text:

PDF

References


Lestari, I. A. (2023). PENCATATAN KEUANGAN DIGITAL UMKM OPAK MENGGUNAKAN APLIKASI KREALOGI. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(1), 2622-2628.

Christina, C. R. P., Steven, L., Aruan, M., & Joab, J. (2022). Manfaat Aktivasi Digitalisasi pada Pendapatan UMKM.

Adawiyah, R., Zulistiani, Z., & Sardanto, R. (2022). PENGEMBANGAN FITUR INTEGRASI LOGISTIK APLIKASI KREALOGI BY DUANYAM PADA UMKM PAPER BAG MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Latifah, K. (2021). UI/UX DESIGN FITUR INTERGATION WITH LOGISTIC PADA APLIKASI KREALOGI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. In Science and Engineering National Seminar (Vol. 6, No. 1, pp. 558-567).

Adawiyah, R., Zulistiani, Z., & Sardanto, R. (2022). PENGEMBANGAN FITUR INTEGRASI LOGISTIK APLIKASI KREALOGI BY DUANYAM PADA UMKM PAPER BAG MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Siska, E., & Noviyah, N. M. R. (2021). Masa New Normal Dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing Di Panti Sosial Asuhan. Jurnal Abdimas Perbanas (JAP), 2(April), 1–16. Retrieved from Masa New Normal Dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing Di Panti Sosial Asuhan

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476– 480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., & Arya Sapoetra, Y. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i2.7196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.