PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVICE QUALITY SEBAGAI BEKAL KOMPETENSI DI DUNIA INDUSTRI PADA SMKN 6 SEMARANG

Herman Novry Kristiansen, Urania Heptanti, Henny Indriyawati, Devira Aprillia Hartanu

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh permintaan salah satu guru SMKN 6 Semarang, agar siswa di SMKN 6 Semarang ini dibekali pengetahuan melalui pelatihan sebelum bekerja di industry hospitality khususnya mengenai service quality yang terdiri dari faktor Reliability, Assurance, Tangible, Empathy dan Responsivenes.

Tujuan: Tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah menambah pengetahuan dan wawasan dalam memberikan pelayanan kepada tamu sehingga siswa siap kerja di industri hospitality sesuai kompetensi yang diharapkan. Dengan bekal pengetahuan tentang service quality di industry hospitality para siswa diharapkan memperoleh wawasan dan pengetahuan tentang pelayanan prima yang nantinya akan dipergunakan pada saat mereka bekerja melayani tamu.

Metode: Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah. Masing-masing siswa mengikuti dengan antusias selama pelatihan berlangsung. Kegiatan dilaksanakan dalam 1 (satu) hari dengan durasi Peningkatan kemampuan adalah 4 (empat) jam, terdiri dari : 30 menit perkenalan, 30 menit untuk persiapan buku check list kebutuhan Service Quality, 180 menit praktek dan keseluruhan penyusunan kebutuhan Service Quality.

Hasil: Hasil dari pengabdian ini adalah rata-rata seluruh peserta pelatihan memberikan tanggapan positif tentang kegiatan pelatihan pengetahuan dan praktek Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, Responsivenes serta memperkenalkan teknologi informasi untuk mendukung service quality sehingga pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dinyatakan berhasil mencapai tujuan dan target sesuai yang telah ditetapkan.

Manfaat/Kontribusi: Manfaat pengabdian ini adalah siswa-siswi SMKN 6 Semarang diberi rangkaian kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang Service Quality dalam berbagai bidang sehingga mereka akan terbiasa menghadapi masalah yang terjadi pada saat mereka berada di dunia industri khususnya industri perhotelan.

 

 

Kata Kunci:  Industri hospitality, Service Quality, kompetensi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i2.7184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.