PELATIHAN TOEFL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH DI PEDURUNGAN LOR BERBASIS WEB

Hetty Catur Ellyawati, Ahmad Muhaimin, Agus Edy Laksono, Soiful Hadi

Abstract


Kemampuan Bahasa Inggris terutama TOEFL untuk santri pondok pesantren sangat dibutuhkan terutama agar santri pondok pesantren bisa menghadapi tantangan dunia global, mengingat pondok pesantren masih dianggap institusi yang hanya mengajarkan ilmu agama saja kepada para santrinya. Untuk menjawab kebutuhan jaman dimana segala hal saat ini menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, untuk mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan sumber dayamanusia yang paham bahasa Inggris yang pada kenyataannya masih belum bisa terwujud. Hal ini karena salah satunya adalah kurangnya pengetahuan dan penguasaan Bahasa Inggris terutama TOEFL. Dari program Pengabdian kepada Masyarakat terdahulu yang dilakukan dosen FTIK Universitas Semarang telah diadakan pelatihan mengenai Speaking maka tim Pengabdian kepada Masyarakat FTIK Universitas Semarang kali ini mengadakan kegiatan dengan metode praktikum mengenai pembelajaran Bahasa Inggris terutama TOEFL berbasis web. Hasil yang ingin dicapai adalah selain diharapkannya ada peningkatan kemampuan dan pengetahuan dalam kemampuan Bahasa Inggris terutama kemampuan TOEFL dikalangan santri pondok pesantren khususnya Nurul Hidayah Pedurungan Lor, wilayah Semarang Timur namun juga bisa        terbitnya laporan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini di Jurnal Dimastik Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang.

@font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:11.0pt; font-family:"Times New Roman",serif; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:#0021;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:11.0pt; mso-ansi-font-size:11.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-font-kerning:0pt; mso-ligatures:none; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; mso-pagination:none; text-autospace:none;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. R., Sofian, Wardah 2020. Improving students’ listening comprehension by using bottom-up technique. Journal of English Education Program, 1(2), 111- 129

Best, John.W. 1981. Research in Education. New Jersey: Prentice Hall INC

Bucholtz, Mary. 2000. “The Politics of Transcription”. Journal of Pragmatics 32 2000, Texas: Elseveir Science B.V. page 1439-1465

Cahyono, Bambang Yudi dan Widiati, Utami. 2009. “The Teaching Of EFL Listening in The Indonesian Context: The State of The Art”. TEFLIN Journal, volume 20, number 2. Page 194-211

Fitria, T.N. and Prastiwi, I.E., 2020. Pelatihan tes Toefl (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2).

HD. Brown. 2001. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Education

Iswati, L., 2021. Pelatihan TOEFL secara virtual bagi anggota Nasyiatul ‘Aisyiah CabangMantrijeron Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), pp.247-254.

Kusmanto, Hari, Prayitno, Harun Joko, dan Jamaluddin Norliza. 2021. Persuasion Action Strategies in Da'wah Discourse on Social Media in the Global Communication Era. Language Circle: Journal of Language and Literature

Morley, Catherine. 2007. “Listening Top Down and Bottom Up” Retrieved August 07 2015. From http://www.teachingenglish.org.uk/article/listening-top-down-

bottom. page 1

Putrawan, G.E., 2018. Pelatihan bahasa Inggris TOEFL-like test bagi siswa SMAN 4 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 1(3),pp.122-128.

Rahmawati, Irma and Sianturi, Yohana P Br. 2021. Audio Podcast-based learning media in improving students’ listening comprehension and pronunciation. Journal of Research in Business, Economics, and Education

Rofik, A. and Christina, C., 2021. Peningkatan Kecakapan Bahasa Inggris Santri di Masa Pasca Covid-19 melalui Program Pengajaran TOEFL di SMA Berbasis Pesantren. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), pp.1051-1058

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: DutaWacana University Press

Suryani, Sri. 2012. “Improving students listening skills through varied listening tasks in language laboratory at SMP N 2 Yogyakarta”. Thesis. Yogyakarta. UNY

Vilmante Liubiniene. 2009. “Developing Listening Skills in CLIL Studies about Languages”. Kaunas: Kalbu Studijos. ISSN 1648-2824




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i2.7183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.