KETERAMPILAN FOTOGRAFI PRODUK DI KAMPUNG BATIK TEMATIK, DURENAN INDAH, SEMARANG

kharisma ayu febriana, Yuliyanto Budi Setiawan, Fajriannoor Fanani

Abstract


Permasalaham yang dialami anggota  UMKM di Kampung Batik Durenan  Indah Semarang, kekurang pahaman tentang bagaimana teknik fotografi produk yang menarik sehingga kemampuan fotografi untuk komunikasi pemasaran digital cukup rendah. Tujuan melakukan pengabdian ini mengajarkan ketrampilan fotografi produk. Metode  pengabdian ini menggunakan partisipatif dengan langkah awal Pre test dilakukan untuk mengukur seperapa paham peserta tentang fotografi, selanjutnya penyampaian materi dilakukan oleh beberapa kepakaran dalam bidang fotografi, dan dilanjutkan diskusi. Setelah sesi diskusi, kegiatan selanjutnya adalah praktik oleh masing-masing kelompok didampingi tim pengabdian dalam fotografi produk. Dan terakhir post test. Hasilnya dari pengabdian ini anggota UMKM Kampung Batik Durenan Indah Semarang memiliki  kemampuan fotografi produk, berupa pengetahuan dan ketrampilan, baik secara teoritis maupun praktis mengenai cara fotografi produk  yang baik dan benar. Ketrampilan yang diperoleh dapat menjadi bekal para anggota UMKM Kampung Durenan Batik  bisa memanfaatkan fotografi produk sebagai strategi komunikasi pemasaran.


Full Text:

PDF

References


Arni Muhammad. (2000). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Deddy Mulyana. (2010). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

John Fiske. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Joseph V. Mascelli, ASC. (1986). Close up, angle, komposisi, kontiniti, editing dalam sinematografi. Terjemahan HMY. Biran. Jakarta: Yayasan Citra.

Murniati dkk. (2019). Program Pelatihan Jurnalistik Sekolah di MA NU Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Journal of Dedicators Community, 3(2). Diambil dari https://ejournal.unisnu.ac.id.

Nasrulah, R. (2018). Media Sosial, Perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrulah, R. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Perencaan, Aktivitas dan Evaluasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Supratman, L. P., & Wahyudin, A. (2017). Digital Media Literacy to Higher Students in Indonesia. International Journal English Literature and Social Sciences, 2(5). Diambil dari https://ijels.com/detail/digitalmedia-literacy-to-higher-students in indonesia/.

Thursan Hakim. (2002). Mengatasi Rasa tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i2.6969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.