PENINGKATAN KEMAMPUAN DESAIN GRAFIS INTERAKTIF DAN MENARIK BAGI SISWA MAN 1 SEMARANG MENGGUNAKAN CANVA

Basworo Ardi Pramono, Susanto Susanto, Soiful Hadi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi tidak hanya berperan dalam bidang bidang perekonomian, tapi juga bidang pendidikan. Dewasa ini setiap siswa di sekolah mulai diajarkan pelajaran teknologi informasi salah satunya adalah desain. Hal ini dilakukan agar dapat memenuhi permintaan industri akan generasi yang memiliki kemampuan presentasi yang baik dan interaktif dengan menerapkan teknologi informasi. Perkembangan teknologi semakin pesat dan maju, setiap orang diharapkan dapat mengerti teknologi sebagai penunjang segala aktivitas yang ada, begitupun dalam ranah pendidikan. Guru serta peserta didik dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya ialah aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategori-kategori yang diberikan di dalamnya. Dengan desain yang beragam dan menarik, membuat proses pembelajaran menjadi tidak membosankan. Dengan menggunakan aplikasi Canva, guru dan siswa dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, kreativitas, serta keterampilan yang akan didapatkan untuk peserta didik, sehingga media ini juga dapat dimanfaatkan dalam media presentasi. Dan kususnya para siswa dapat membuat presentasi yang interaktif dengan menggunakan canva.


Full Text:

PDF

References


Adhiwibowo, W., Hirzan, A. M., & Susanto, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Konfigurasi Komunikasi Internet of Things Dengan Telegram Bagi Guru SMK Walisongo Semarang. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT (pp 384-389) Vol 5 No 3

Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Creswell, J. W. 2009. Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Ibda, H. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang; Konsep dan Aplikasi (pp. 13 14). CV Pilar Nusantara.

Jelantik, A. . K. 2019. Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0. In Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0 (pp. 95 96). Deepublish.

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra ( BASASTRA ) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2(1), 80 81.

Miftah, M. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol. 2(1), 95 105.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. 2018. Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol. 3(1), 44.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i1.6085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.