PENGENALAN TOEFL UNTUK GURU SMA AL-ISLAM SEMARANG

Hetty Catur Ellyawati, Titis Handayani, Atmoko Nugroho

Abstract


TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan bagian yang penting dan pasti diingat ketika orang akan bepergian ke luar negeri ataupun melanjutkan studi di perguruan tinggi, bahkan beberapa perusahaan mencari tenaga kerja dengan kompetensi TOEFL yang tinggi. Apalagi semenjak pandemi COVID19 laju penggunaan internet sangat tinggi sehingga memaksa pengguna untuk belajar Bahasa Inggris lebih baik lagi agar dapat mengikuti informasi global. Internet sendiri juga menyediakan informasi tentang TOEFL, mulai dari pengenalan dasar hingga cara-cara mudah untuk menyelesaikannya dengan skor atau nilai yang tinggi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan beberapa tahapan kegiatan. Diawali dengan komunikasi dengan khalayak sasaran kegiatan pengabdian, untuk menggali beberapa permasalahan di bidang Bahasa Inggris secara umum dan di bidang TOEFL secara khusus yang dihadapi oleh khalayak sasaran, berikutnya mengadakan pelatihan dan umpan balik dari kegiatan pengabdian ini. Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan informasi akan TOEFL dari guru SMA Al Islam Semarang.


Full Text:

PDF

References


Fitria, T.N. and Prastiwi, I.E., 2020. Pelatihan tes Toefl (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2).

Iswati, L., 2021. Pelatihan TOEFL secara virtual bagi anggota Nasyiatul Aisyiah Cabang Mantrijeron Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), pp.247-254.

Putrawan, G.E., 2018. Pelatihan bahasa Inggris TOEFL-like test bagi siswa SMAN 4 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 1(3), pp.122-128.

Rofik, A. and Christina, C., 2021. Peningkatan Kecakapan Bahasa Inggris Santri di Masa Pasca Covid-19 melalui Program Pengajaran TOEFL di SMA Berbasis Pesantren. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), pp.1051-1058.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i1.6077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.