PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KENDALI PERANGKAT DENGAN BLYNK DAN MOBILE BAGI GURU SMK WALISONGO

Astrid Novita Putri, April Firman Daru, Whisnumurti Adhiwibowo

Abstract


Rumah pintar merupakan inovasi Internet of   Thing (IOT), Dimana semua benda atau perabotan rumah sehari-hari yang akrab dengan masyarakat dioptimalkan karena integrasi teknologi dalam bentuk chip serba bisanya,Dalam hal smart home,internet of thing akan hadir dalam rupa barang-barang yang bisa di temui di rumah orang kebanyakan. Aplikasi dari system smart home berbasis (IoT) Internet Of Thing ini menggunakan Node MCU dan menggunakan IOT dan aplikasi android Blynk sebagai monitoring.Selain itu perlunya layanan awan (Cloud) juga membantu pihak industri dalam melakukan pemantauan perangkat-perangkat yang terpasang di mesin-mesin mereka. Dengan layanan awan yang tersambung langsung dengan perangkat Internet of Things ini, industri tidak perlu lagi melakukan agregasi data monitoring sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Namun untuk dapat melakukan pemasangan perangkat Internet of Things sekaligus menghubungkan dengan layanan awan, diperlukan sebuah keahlian khusus di bidangnya. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan jumlah lulusan serta dapat memenuhi kebutuhan industri akan tenaga ahli di bidang Internet of Things ini, SMK Walisongo membutuhkan pelatihan yang mengajarkan bagaimana melakukan instalasi perangkat serta menghubungkannya Node MCU dan BLYNK ke layanan awan. Sehingga dapat meningkat mutu kualitas kurikulum serta minat para siswa di bidang ini. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan pelatihan peningkatan pemahaman para guru dalam hal instalasi perangkat Internet of Things dan konektivitas untuk Sistem Smart Home menggunakan Node MCU dan BLYNK yang terhubung dengan layanan awan yang dapat diimplementasikan di dunia industry

 

 

Kata Kunci: Blynk, Mobile, Internet of things, Smart Home, Node MCU

Full Text:

PDF

References


Masykur, F., & Prasetiyowati, F. (2016). Aplikasi rumah pintar (smart home) pengendali peralatan elektronik rumah tangga berbasis web. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 3(1), 51-58.

Kailani, A., & Rafidiyah, D. (2020). Opportunities and challenges in the implementation of ten revitalization strategies of vocational schools in Indonesia: school principals voices. International Journal of Educational Best Practices, 4(2), 60-77.

Baitullah, Muh. J. A., & Wagiran, W. (2019). Cooperation between vocational high schools and world of work: A case study at SMK Taman Karya Madya Tamansiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 280 293. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27719

Abidin, Z., & I Lestariningati, S. (2015). Sistem keamanan dan monitoring rumah pintar secara online menggunakan perangkat mobile. KOMPUTIKA-Jurnal Sistem Komputer UNIKOM, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i1.5858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.