PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBANGUN ANIMASI TIGA DIMENSI (3D) MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER PADA SISWA SMK NU 01 KENDAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26623/dimastik.v3i1.11670

Abstract

SMK Nahdlatul ‘Ulama (NU) 01 Kendal adalah Sekolah Kejuruan kelompok Bisnis – Manajemen dan Pariwisata dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Kendal. SMK NU 01 Kendal memiliki 7 (tujuh) kompetensi keahlian salah satunya yakni Rekayasa Perangkat Lunak. Jurusan Rekayasa perangkat lunak atau biasa disebut RPL menawarkan beberapa keahlian dibidang teknologi informasi berupa pemrograman, selain itu juga diajarkan mengenai desain dengan menggunakan Photoshop, Corel Draw, dan lainnya. Desain animasi tiga dimensi (3D) belum menjadi muatan yang diajarkan oleh SMK NU 01 Kendal dalam jurusan RPL. Di era ini, desain animasi 3D menjadi fokus bidang yang menarik dalam industri multimedia. Maka pada PkM ini akan memberikan pelatihan membuat animasi 3D menggunakan aplikasi Blender. Aplikasi Blender merupakan salah satu program animasi 3D yang sifatnya open source. Aplikasi Blender digunakan untuk membuat model 3D, animasi, efek visual, model cetak 3D, dan permainan video. Hasil dari kegiatan yang di ikuti oleh 12 siswa RPL ini menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan mengetahui aplikasi blender dan memahami membangun desain 3D dari sebelum kegiatan hanya 9,7% yang merespon denga jawaban Ya, namun setelah pelatihan dalam hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan dari 12 responden yang menjawab Ya menjadi sebesar 92,7%. Hal ini memberikan arti bahwa pengabdian yang kami lakukan berhasil.

References

Barustyawati, Wedhanti, dan Adil. 2017. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo sebagai Media Pembelajaran Online kepada Guru-guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Gianyar (Laporan Akhir PKM). Singaraja: Undiksha

Mutiawati, H. (2020). Development of Mathematics Learning for PGSD Students Using Video Game with Comic Storyline DEVELOPMENT OF MATHEMATICS LEARNING FOR PGSD STUDENTS USING VIDEO GAME WITH COMIC STORYLINE. 6(2), 203–209. https://doi.org/https://doi.org/10.3314/jes.v6i2.1161

Mutiawati, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Menganalisiskemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Mahasiswa. Journal of Education Science, 70–76. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/361

Sukirmann, (2017). Perancangan Animasi Tiga Dimensi Menggunakan Perangkat Lunak Blender di Cabang Muhammadiyah Kartasura. WARTA LPM, 20(2), 67-73.

Teknosmash. 2016. VideoShow diunduh dari http://teknosmash.blogspot.co.id/2016/02/cara-edit-video menggunakan-aplikasi.html pada bulan November 2017.

Dewi, S.V., Mutiawati, M. (2021). Pembutan Animasi 3D Taman Shulthanah Shafiatuddin Menggunakan Blender. Journals Education Science, 7(1), 120-35.

Zebua, T., Nadeak, B., Sinaga, SN., (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18-21.

http://www.blender.org

https://news.idntimes.com/indonesia/teatrika/animasi-jadi-andalan-bekraf-untuk-tingkatkan-ekonomi-kreatif-1/full https://smknu01kendal.sch.id/rekayasa-perangkat-lunak/

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBANGUN ANIMASI TIGA DIMENSI (3D) MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER PADA SISWA SMK NU 01 KENDAL. (2025). Jurnal DIMASTIK, 3(1), 75-82. https://doi.org/10.26623/dimastik.v3i1.11670