Optimalisasi Penyusunan Dokumen Administratif Menggunakan Ms.Word di Kalangan Guru Paud

Errika Dwi Setya Watie, Retno Manuhoro Setyowati, Gita Aprinta Ester Betseba

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat menuntut adanya penyesuaian yang cepat juga oleh penggunanya. Namun ternyata, realitanya hal ini tidak terjadi sama di masyarakat Indonesia, salah satunya Guru Paud. Pengelola Himpaudi Ungaran Barat memaparkan kondisi para guru Paud yang berada dalam wilayahnya, bahwa mereka sudah memiliki laptop dan sudah melakukan proses penyusunan dokumen administratif, namun penyusunan tersebut tidak bisa dilakukan secara cepat dan rapi, karena kemampuan penggunaan aplikasi word hanya sebatas mengetik tanpa pengaturan otomatis. Dari pemaparan tersebut, maka tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan para guru PAUD di wilayah Himpaudi Ungaran Barat dalam menggunakan aplikasi microsoft word untuk mengerjakan dokumen administratif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah praktek langsung menggunakan aplikasi Ms.Word, dimana setiap sebelum mempraktekkan diberikan penjelasan dan contoh praktis terlebih dahulu. Hasil dari pengabdian ini bahwa tampak rata-rata pemahaman para guru PAUD selaku peserta pengabdian meningkat sebesar 66.02%

Full Text:

PDF

References


Adhi Kusnadi, Marlinda Vasty Overbeek, Yaman Khaeruzzaman, Moeljono Widjaja, & Alethea Suryadibrata. (2024). Peningkatan Kemampuan Membuat Surat dan Laporan menggunakan Ms.Word pada Siswa MA Raudatul Irfan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 190–199.

Alfian Zakaria, Indhitya R. Padiku, Budiyanto Ahaliki, & Aziz Bouty. (2023). Pelatihan dan Sosialisasi Ms.Word dan Ms. Excel untuk Aparat Desa Waluhu Kecamatan Bone. Devotion: Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 58–62.

Ananda Faridhatul Ulva1, Desvina Yulisda, Rizky Putra Fhonna, Rahma Fitria, & Himmatur Rijal. (2023). Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Teknologi Informasi Guru SD IT Al-Alaq Dewantara Aceh Utara dalam penggunaan software microsoft office. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 665–675.

Anisa Ulfah. (2022). MODEL LITERASI DIGITAL DALAMUPAYA MENGURANGI KESENJANGAN DIGITAL UNTUK SANTRI MENUJU INDONESIA EMAS 2045. Humanis, 14(1), 1–7.

Ari Waluyo, Hamid Nasrullah, & Sotya Partiwi Ediwidjojo. (2020). Pelatihan Penggunaan Apkikasi Microsoft Office (Word, Excel, Power point) 2010 Untuk Peningkatan Kemampuan SDM PEMDES Desa Kebakalan, Karanggayyam, Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 21–28.

Chyntia Raras Ajeng Widiawati, Aulia Shafira Tri Damayanti, Luthfi Khaerunnisa, & Delia Oktaviana Azzahra. (2024). Pelatihan Operasi Dasar Komputer dan Aplikasi Ms. Word Bagi Kelompok PKK Desa Ketenger. Abdimasku, 7(1), 374–380.

Errika Dwi Setya Watie & Fajriannoor Fanani. (2019). Memahami Permasalahan Komunikasi dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (Online). Dalam Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (hlm. 167–174). Buku Litera.

Imam Sholehuddin & Nurbaiti. (2023). Pentingnya Microsoft Word dalam Menunjang Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 540–549.

Unik Hanifah Salsabila & Niar Agustian. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.

Zulfa Hazizah & Henry Aditia Rigianti. (2021). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v3i1.11037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.