PENINGKATAN PEMAHAMAN HYGIENE DAN SANITASI SISWA SISWI KONSENTRASI KEAHLIAN KULINER SMK NEGERI 6 SEMARANG

Desika Nur Jannah, Muhammad Satrio Wibowo, Bram Arvianto

Abstract


Sekolah adalah tempat berkumpulnya banyak siswa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar dan berinteraksi. Dalam konteks ini, kesehatan lingkungan sekolah menjadi salah satu prioritas utama yang harus dijaga. Penerapan hygiene dan sanitasi yang baik sangat penting untuk mencegah penularan penyakit dan menjaga kebersihan lingkungan belajar. Ketidakcukupan hygiene dan sanitasi dapat berdampak buruk pada kesehatan siswa, guru, dan anggota lainnya di sekolah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan pengelolaan sanitasi dan hygiene kepada para siswa SMK Negeri 6 Semarang. Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan pengelolaan sanitasi dan hygine. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah sosialisi dan pelatihan dapat meningkatkan pemahaman tentang sanitasi dan hygine siswa dalam konsentrasi keahlian kuliner di SMK Negeri 6 Semarang.

Full Text:

PDF

References


Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Mayasari, D. (2020). Peningkatan Sistem Sanitasi Melalui Pembangunan Sarana Akses Cuci Tangan Dan Pengelolaan Sampah Serta Edukasi Kebersihan Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Bekasi. Terang, 3(2), 126–135. https://doi.org/10.33322/terang.v3i2.939

Muis, M. A., Zahra, F., & Madany, A. (2024). Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Dalam Perspektif Islam. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 493–496. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1807

Rindra Savira, R., Desfita, S., Zaman, M. K., Puspita Sari, N., & Rasyid, Z. (2022). Personal Hygiene Analysis of Students and Environmental Sanitation of State Elementary School 06 Perawang Barat. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan (ORKES), 1(2), 437–444. https://doi.org/10.56466/orkes/vol1.iss2.36

Said, S., Mustanir, A., Dema, H., Ar, T., & Ramadhan, M. R. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Tentang Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun SD Negeri 2 Timoreng Panua Kabupaten Sidrap Persiapan Pelaksana an Evaluasi Rencana Tindak Lanjut. 25(2), 224–229.

Sarinah Triastity. (2021). Hubungan Pengetahuan Sanitasi dan Higiene dengan Perilaku Kesehatan Kerja Beautician di Salon Kecantikan di Kota Sukabumi. Jurnal Tata Rias, 11(2), 36–45. https://doi.org/10.21009/11.2.4.2009

Suniarti, I., Nengsih, N. A., & Nugraha, M. D. (2022). Faktor- faktor yang berhubungan dengan personal hygiene pada anak sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Cibinong Kabupaten Kuningan Tahun 2022. Jurmal Stikkes Kuningan, 2(2), 1–11.

Suprobo, N. R., Putri Novembriani, R., Danik Kurniawati, E., & Kirana Hasanah, W. (2022). Edukasi Kebersihan Diri (Personal Hygiene) pada Anak untuk Meningkatkan Kebersihan Diri Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.29407/dimastara.v2i1.19288

Triveni, Rici Gusti Maulani, & Nuari Andolina. (2023). Hygiene Sanitasi Terhadap Kejadian Wasting Pada Bayi Usia 0-59 Bulan. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(1), 320–323. https://doi.org/10.35473/proheallth.v5i1.2096




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v3i1.10822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.