Peningkatan Kemampuan Teknologi Internet of Things Untuk Para Siswa Sma Masehi 2 PSAK
Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi Internet of Things (IoT) memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi. Namun, pemahaman tentang IoT di SMA Masehi 2 PSAK Semarang masih terbatas, yang berpotensi menghambat kesiapan siswa menghadapi tantangan teknologi masa depan. Untuk mengatasi hal ini, kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan konsep dan aplikasi IoT kepada siswa. Metode yang digunakan meliputi ceramah teoretis dan demonstrasi alat, yang diadakan selama dua hari. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai IoT, dari 66% sebelum pelatihan menjadi 81% setelah pelatihan. Peningkatan ini mencakup pemahaman konseptual, konfigurasi perangkat, dan kemampuan pemecahan masalah. Kegiatan ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan siswa tentang IoT dan mempersiapkan mereka untuk perkembangan teknologi di masa depan.
Full Text:
PDFReferences
Chan, V. W. S. (2021). Internet of Things and Smart Cities. IEEE Communications Magazine, 59(10), 4–6. https://doi.org/10.1109/MCOM.2021.9627843
Efendi, M. Y., & Chandra, J. E. (2019). Implementasi Internet of Things Pada Sistem Tenaga. Glob. J. Comput. Sci. Technol, 19(1), 532–538.
Frank, A. G., Dalenogare, L. S., & Ayala, N. F. (2019). Industry 4.0 technologies: Implementation patterns in manufacturing companies. International Journal of Production Economics, 210, 15–26. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.01.004
Kassim, M. R. M. (2020). IoT Applications in Smart Agriculture: Issues and Challenges. 2020 IEEE Conference on Open Systems (ICOS), 19–24. https://doi.org/10.1109/ICOS50156.2020.9293672
Manfaluthy, M., & Ekawati, R. (2019). Pelatihan Internet of Things (IoT Trainer) Berbasis ESP8266 pada SMK Al-Muhadjirin Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September.
Ningsih, N., Sutanto, T., & Harianto, H. (2021). Pelatihan Internet of Things Untuk Guru SMA Tanwir Surabaya Dengan Menerapkan Aturan Social Distancing Pada SMA Tanwir. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 687–695. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11659
Ridwan Lubis, M., Susanti, E., Wirapraja, A., Noor Hasan Siregar, M., Simarmata, J., Fadhillah, Y., Ceng Giap, Y., A Abdillah, L., A Purba, R., & Muttaqin. (2020). Pengenalan Teknologi Informasi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=opb_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA71&dq=pengenalan+internet&ots=cWYdQn2vxx&sig=A16MuqIeQabAFx1lsy-eiwpCWFA&redir_esc=y#v=onepage&q=pengenalan internet&f=false
Setiawan, H. S. (2018). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Internet of Things pada Madrasah Darussa’adah. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 167. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.1554
Shammar, E. A., & Zahary, A. T. (2020). The Internet of Things (IoT): A survey of techniques, operating systems, and trends. Library Hi Tech, 38(1), 5–66. https://doi.org/10.1108/LHT-12-2018-0200
Vaidya, S., Ambad, P., & Bhosle, S. (2018). Industry 4.0 – A Glimpse. Procedia Manufacturing, 20, 233–238. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.02.034
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v3i1.10260
Refbacks
- There are currently no refbacks.