Dukungan Orangtua dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening

Rohdeli Urina Damanik, Rini Sugiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orangtua dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan motivasi sebagai variabel intervening. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan empat skala yaitu skala minat, skala motivasi, skala dukungan orangtua, dan skala efikasi diri. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan (1) dukungan orangtua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (2) efikasi diri tidak tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (3) dukungan orangtua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui motivasi (4) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (5) dukungan orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi (6) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi (7) motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggiAbstract. This study aims to determine the effect of parental support and self-efficacy on the interest in continuing education to college with motivation as an intervening variable. Subjects in this study amounted to 70 students. This research uses purposive sampling. Data were collected using four scales, which namely: Interest Scale, Motivation Scale, Parental Support Scale, and Self-Efficacy Scale. The data analysis uses path analysis using the SmartPLS 3.0 program. The results showed (1) parental support did not affect the interest in continuing education to college. (2) self-efficacy does not affect the interest in continuing education to higher education. (3) parental support has a significant effect on interest in continuing education to college through motivation (4) self-efficacy has a significant effect on interest in continuing education to college (5) parental support has a significant effect on motivation (6) self-efficacy has a significant effect on motivation ( 7) motivation has a significant effect on the interest in continuing education to college.

Keywords: (interest, motivation, parental support, self-efficacy)

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orangtua dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan motivasi sebagai variabel intervening. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan empat skala yaitu skala minat, skala motivasi, skala dukungan orangtua, dan skala efikasi diri. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan (1) dukungan orangtua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (2) efikasi diri tidak tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (3) dukungan orangtua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui motivasi (4) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (5) dukungan orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi (6) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi (7) motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

Kata kunci: dukungan orangtua, efikasi diri, minat, motivasi


Full Text:

PDF

References


Addnin, I. J., & Effendi, Z. M. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Jurnal Ecogen, 4(1), 35.

Ahmad, A., Safaria, T., & Preston University Pakistan. (2013). Effects of Self-Efficacy on Students’ Academic Performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 2(1), 22–29.

Amseke, F. V., Daik, M. A., & Liu, D. A. L. (2021). Dukungan Sosial Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 241.

Arifin, A. A., & Sri, R. (2017). Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 77–82.

Ayuni, V. Q., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Self Efficacy terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Sebagai Variabel Moderasi. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 9(2), 110.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action : a social cognitive theory / Albert Bandura. New Jersey: Prentice-Hall, 1986, 16(1).

Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(2), 434–452.

Cervone, D., & Pervin, L. A. (2019). Personality Theory and Research: 14th Edition. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1), 84–103.

Diniaty, A. (2017). Dukungan orangtua terhadap minat belajar siswa. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100.

Dkk, R. W. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Siswa Dalam Memasuki Perguruan Tinggi Kelas x SMA Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 4.

Elsap, D. S. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Karakter Dan Motivasi Belajar Anak Melalui Pendidikan Non Formal. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2), 85–91.

Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 61–70.

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, 2(1).

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Psychology: Theories of Personality. Introductory Psychology for Nursing and Allied Health Sciences, 195–195.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6.

Ghozali, & L. (2015). Partial Least Square (PLS) Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0. Semarang : Badan Penerbit UNDIP. Partial Least Square (PLS) Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Hamdu, G. & Agustina., L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(Motivasi belajar IPA pada siswa SD), 81.

Hanifah, I. (2021). Peluang Tenaga Kerja Asing Untuk Bekerja Di Indonesia Berdasarkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. Jurnal Ilmu Hukm, 6(1), 158–173.

Hurlock, E. B. (2008). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Ke-6. Jakarta: Erlangga.

Iswandari, A. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Smkn 12 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(2), 152.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkebangan. In Kencana (Vol. 1).

Jannah, bambang prasetyo dan lina miftahul. (2015). metode penelitian kuantitatif. Metode Penelitian, 35–48. Kekuatan 7p Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah Di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. (2019). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1).

Lunenburg, F. C. (2011). Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. International Journal and Management, Business, and Administration. Amerika Serikat: Sam Houston State University, 14(1), 1–6.

Malik, R. R., & Roekhudin. (2014). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Pilihan Profesi dengan Minat Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya). JURNAL Akuntansi & Keuangan, 2(2), 18.

Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). EMPATHY, 3(1), 31–41.

Marwoko C A, G. (2019). Psikologi perkembangan masa remaja. Jurnal Tabbiyah Syari’ah Islam, 26(1), 60–75.

Megawanti, P. (2012). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Formatif, 2(3), 234831.

Merta Nadi, N. P., & Ary Agustini, N. M. (2020). Peran Motivasi Berprestasi Dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Perempuan Di Tabanan. Psikologi Konseling, 17(2), 766.

Muhibbin, S. (2005). Psikologi Pendidikan, suatu Pendekatan Baru. In PT. Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya (Vol. 2).

Munira, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Jembrana Kelas XII Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 387.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. In Penerbit Erlangga (p. 432).

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang.

Oryza, S. B., & Agung Listiadi. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 24–36.

Partowisastro, K. (1983). Dinamika psikologi sosial. In Kencana.

Periera, A., Mashabi, N. A., & Muhariati, M. (2017). Pengaruh Dukungan Orangtua terhadap Minat Anak dalam berwirausaha (Pada Siswa SMK Strada Koja, Jakarta Utara). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 70–76.

Pinkerton, J., & Dolan, P. (2007). Family support, social capital, resilience and adolescent coping. Child and Family Social Work, 12(3), 219–228.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Tahun 2015, Vol. 1 No.

Puspitaningsih, F. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 223.

Putry, N. A. C., Wardani, D. K., & Jati, D. P. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 14–24.

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136.

Saifuddin, A. (2017). Penyusunan Skala Psikologi (ed.2). In Pustaka Pelajar.

Santrock, W., J., Rachmawati, M., & Kuswanti, A. (2007). Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas, Jilid 2. Lembaran Sejarah, 2.

Santrock, J. W., Penerjemah, ;, & Angelica, D. (2009). Psikologi pendidikan = educational psychology buku 1. In 1. PSIKOLOGI PENDIDIKAN,Psikologi pendidikan = educational psychology buku 1 / John W. Santrock; Penerjemah: Diana Angelica (Vol. 2009, Issue 2009, pp. 1–99).

Saputri, D., Ahmad, S., & Lestaru, D. N. (2019). Hubungan motivasi belajar siswa dan pendapatan orangtua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi SMK Negeri1 Palembang tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Promosi, 7(5 (293)), 34–44.

Saragi, M. P. D., Iswari, M., & Mudjiran, M. (2016). Kontribusi Konsep Diri Dan Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Konselor, 5(1), 1.

Sasmi, H. E., Fauzi, A., & Mardi, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Self-Efficacy terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Melalui Mediasi Prestasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 323–337.

Setiaji, K., & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa Smkn Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 52–67.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi. In Belajar.

Slawi, N., Birama, B. C., & Nurkhin, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Perencanaan Karier Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Sma Negeri 2 Slawi. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 110–119.

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum (Dalam Lintas Sejarah). In Bandung: CV Pustaka Setia.

Suciningrum, N. P., & Rahayu, E. S. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas Xi Di Sma Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 1.

Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. 233 (2016).

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). landasan psikologi proses pendidikan. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, 163–164.

Sumardi Suryabrata. (2014). Metode penelitian. Metode Penelitian, 245, 42–56.

Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 129.

Syah, M. (2012). Psikologi Belaja. Jakarta: Rajawali Pers, 1(2), 59–60.

Tanjung, B. S., & Iswari, M. (2019). Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Anak Tunanetra Di Sekolah Inklusi. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 40.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/rjp.v2i1.6751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepangkkn777https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://jurnal.ft.umi.ac.id/lib/totoslot/https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/china/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/scatterapi/http://jurnal.politeknikyakpermas.ac.id/lib/pkp/master/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/link alternatif kakekslotturbox500https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/kucinghack/https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/casino/https://rsp.unri.ac.id/course/kitabgacor/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/scatter hitam

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88