Adiksi Internet Dan Kontrol Diri Dengan Kedisiplinan Siswa

Authors

  • Alfan Khoirul Huda Universitas Semarang
  • Rini Sugiarti Universitas Semarang
  • Arumwardhani Nusandari

DOI:

https://doi.org/10.26623/rjp.v2i1.5963

Keywords:

Adiksi Internet, Kontrol Diri, Kedisipilinan

Abstract

Penerapan kedisiplinan siswa di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman. Termasuk juga siswa disiplin dalam menggunakan media internet saat jam aktif belajar. Siswa yang kecanduan penggunaan internet berlebihan akibat kurangnya kemampuan kontrol diri yang baik, sehingga kedisiplinan siswa sangat penting untuk diterapkan agar siswa bisa belajar dengan kondusif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adiksi internet dan kontrol diri dengan kedisiplinan siswa. Hipotesis sementara, yaitu terdapat hubungan positif antara adiksi internet dan kontrol diri dengan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan 80 subyek siswa lewat instrumen skala kedisiplinan siswa, adiksi internet, dan kontrol diri yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya serta dianalisis dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial adiksi internet tidak berpengaruh pada kedisiplinan siswa, kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan pada kedisiplinan siswa, secara simultan adiksi internet dan kontrol diri bersama-sama berpengaruh pada kedisiplinan siswa.

Author Biography

  • Alfan Khoirul Huda, Universitas Semarang
    Magister Psikologi Universitas Semarang

Downloads

Published

2023-04-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 268 ,