Adiksi Internet Dan Kontrol Diri Dengan Kedisiplinan Siswa

Alfan Khoirul Huda, Rini Sugiarti, Arumwardhani Nusandari

Abstract


Penerapan kedisiplinan siswa di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman. Termasuk juga siswa disiplin dalam menggunakan media internet saat jam aktif belajar. Siswa yang kecanduan penggunaan internet berlebihan akibat kurangnya kemampuan kontrol diri yang baik, sehingga kedisiplinan siswa sangat penting untuk diterapkan agar siswa bisa belajar dengan kondusif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adiksi internet dan kontrol diri dengan kedisiplinan siswa. Hipotesis sementara, yaitu terdapat hubungan positif antara adiksi internet dan kontrol diri dengan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan 80 subyek siswa lewat instrumen skala kedisiplinan siswa, adiksi internet, dan kontrol diri yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya serta dianalisis dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial adiksi internet tidak berpengaruh pada kedisiplinan siswa, kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan pada kedisiplinan siswa, secara simultan adiksi internet dan kontrol diri bersama-sama berpengaruh pada kedisiplinan siswa.

Keywords


Adiksi Internet, Kontrol Diri, Kedisipilinan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/rjp.v2i1.5963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.