Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan X, Keterkaitannya dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal
Abstract
Responden dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa yang merupakan siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan X. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala Kepercayaan diri dan skala Komunikasi Interpersonal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Hasil perhitungan didapatkan nilai correlation coefficient, yaitu 0,654 dengan nilai sig=0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal, dimana semakin tinggi kepercayaan diri yang dimiliki maka semakin tinggi pula kemampuan komunikasi interpersonalnya. Sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri maka semakin rendah pula kemampuan komunikasi interpersonalnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adjuni, Y. (2023). HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA IBU-IBU PKK. Universitas Semarang.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi (II, p. 5). Pustaka Pelajar.
Damayanti, N. M., Kholili, M. I., & Dewantoro, A. (2023). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 7(1), 9. https://doi.org/10.20961/jpk.v7i1.71319
Dinata, E. S., & Tusyanah, T. (2023). Pengaruh Konsep Diri, Kepercayaan Diri, dan Atraksi Interpersonal dengan Penggunaan Media Sosial sebagai Variabel Moderasi terhadap Komunikasi Interpersonal. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 16. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.7
Kusumo, P., & Jatmika, D. (2020). Adiksi Internet Dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Psibernetika, 13(1), 20–31. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v13i1.2312
Mawaddah, A., & Wisma, N. (2023). Hubungan Keterampilam Komunikasi Interpersonal dengan Tingkat Kepercayaan Diri. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 245. https://doi.org/10.29240/jbk.v7i2.7819
Mega, E. (2023). Memperkuat Kepercayaan Diri-Motivasi Meningkatkan Rasa Percaya Diri (G. Irawan (ed.); 1st ed.). Cahaya Harapan.
Purba, R. K., Danny Soesilo, T., & Irawan, S. (2023). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Harga Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 331–340. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4799
Rahmawati, S. N., Yuliejantiningsih, Y., & Lestari, F. W. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 6046–6051.
Rasmini, N. W. (2023). BUKU AJAR STATISTIKA PENDIDIKAN (M. Hidayat (ed.); p. 179). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Suwatno, A. (2023). Komunikasi Interpersonal (A. Ulinnuha (ed.); p. 2). PT Bumi Aksara.
Veolina, T. F., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2024). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Smk. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 220. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.13463
Wati, C. A., & Supriatna, E. (2023). Profil Kepercayaan Diri Siswa Di Smk Kimia Dharma Bhakti. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 6(1), 53–58. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.9489
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/rjp.v3i2.11074
Refbacks
- There are currently no refbacks.