ANALISIS E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODELLING

Noor Miyono

Abstract


TAM (technology acceptance model) adalah salah satu model perilaku pemanfaatan teknologi informasi dimana dalam penelitian ini akan difokuskan pada pemanfaatan e-learning. Model ini menyediakan dasar teori untuk menelusuri faktor yang menjelaskan pemakaian e-learning dan menghubungkannya dengan kinerja pemakai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-learning, konfirmasi pemakai, kemudahan dalam penggunaan e-learning terhadap minat pemanfaatan e-learning dengan kepuasan pemakai e-learning sebagai variabel intervening.

Sampel yang dipergunakan dalam penelitian yaitu sebanyak 140 responden dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan yaitu mahasiswa STMIK Provisi yang masih aktif mengikuti perkuliahan dengan e-materi kuliah berbasis e-learning. Software yang digunakan untuk analisis data menggunakan software AMOS.

Hasil penelitian menunjukkan Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Confirmation, Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Confirmation, Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Satisfaction, Confirmation berpengaruh positif terhadap Satisfaction, Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Satisfaction, Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Continued IT Usage Intention, Satisfaction berpengaruh positif terhadap Continued IT Usage Intention, Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Continued IT Usage Intention.

Keywords


Perceived Usefulness; Confirmation; Perceived Ease of Use; Satisfaction; Continued IT Usage Intention



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v11i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.