INTEGRASI CMS DAN LMS UNTUK MEMBANGUN WEB BERBASIS E-LEARNING DENGAN SINGLE LOGIN

April Firman Daru

Abstract


Perkembangan web saat ini sangat pesat, hal ini ditandai dengan munculnya Conten Management System (CMS) dan LMS (Learning Management System). Keduanya memiliki fungsi yang tidak sama. CMS digunakan untuk mengembangan web sedangkan LMS digunakan untuk mengembangkan e learning. Aplikasi CMS dan LMS juga berbeda sehinggga proses pengembangannya dalam bentuk situs di internet juga berbeda. Oleh karena itu user yang akan menggunakan harus login di masing masing sistem.

Apabila CMS dan LMS dapat digabungkan dalam satu sistem, maka akan terbentuk satu situs atau web  berbasis e learing yang lengkap dengan single login yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran berbasis web. User tidak perlu memiliki username dan password yang berbeda untuk menggunakan kedua sistem tersebut. User akan mendapatkan informasi dari web sekaligus dapat belajar menggunakan fasilitas e learning yang sudah diintegrasikan.


Keywords


Web; e-learning; CMS; LMS; single login



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v11i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.