Raspberry Pi sebagai pengontrol lampu dengan sensor PIR untuk alat peraga praktikum mikrokontroller dan robotika di FTIK USM

basworo ardi pramono, Atmoko Nugroho

Abstract


Raspberry pi adalah sebuah komputer mini, sistem operasi Raspberry bisa bermacam-macam, salah satunya adalah Linux Debian yang telah dipaket minikan. Penenerangan tempat/ruangan dalam pekerjaan merupakan hal  penting, dimana dengan adanya penerangan kita bisa melihat kondisi ruangan. Selama ini untuk melakukan penerangan ruangan kita menggunakan saklar On/Off yang dipasang di tembok.

Ruang Lab FTIK menjadi objek penelitian dimana mengunakan perangkat raspberry pi dengan sensor inframerah dan terhubung dengan lampu dimana perangkat PC Mini Raspberry  Pi akan menyalakan lampu dalam ruangan hanya pada saat terdeteksi suatu gerakan pada ruang Lab FTIK. Alat peraga ini akan dibangun dengan menggunakan Raspberry Pi sebagai pengendali dan PIR sensor sebagai pendeteksi gerak dan lampu LED sebagai output.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, dimana alur penelitian akan mengikuti fase – fase yang ada di waterfall. Memudahkan mahasiswa dalam memahami materi matakuliah praktikum mikrokontroller dan robotika melalui perangkat PC mini. Sehingga mahasiswa  juga  dapat  memahami  bagaimana otomatisasi rumah sederhana menggunakan PC mini.Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu alat peraga praktikum untuk matakuliah mikrokontroller dan robotika.


Keywords


Raspberry pi, python, led, pir sensor



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v15i2.765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Transformatika

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.