REKAYASA SISTEM KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU AJAR BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK

April Firman Daru

Abstract


Pola pembelajaran yang terjadi selama ini cenderung monoaktif. Pengajar terlalu mendominasi proses pembelajaran, sedangkan siswa diperlakukan sebagai objek yang harus disuapi (spoon-feeding). Beberapa mata pelajaran yang berkaitan dengan praktek mengalami masalah dengan metode ini. Hal ini dipersulit dengan terbatasnya sarana praktikum. Untuk beberapa mata pelajaran yang bertujuan mengasah ketrampilan siswa dibutuhkan proses belajar interaktif yang menitik beratkan pada praktikum dan dilakukan secara berulang-ulang. Proses belajar yang hanya dilakukan saat jam pelajaran tidak cukup membuat siswa memahami pelajaran dengan baik. Oleh sebab itu perlu dilakukan Rekayasa sistem komputer dengan analisis pembelajaran yang efektif berdasarkan pendekatan teori konstruktivistik agar diperoleh alat bantu ajar yang berfungsi sebagai suplemen dalam proses belajar mengajar. Penggunaan multimedia sebagai intructional media dalam pembelajaran dapat menjadi salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut

Keywords


Learning; Computer; Constructivistics



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v10i2.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.