DESAIN DAN IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS WEB PADA APLIKASI FURNITURE SHOPPING MANAGER SEBAGAI ALAT BANTU BELANJA ONLINE

Basworo Ardi Pramono

Abstract


Dalam penulisan jurnal ini akan dibahas mengenai pengembangan aplikasi Furniture Shopping Manager (FSM) sebagai suatu alat bantu yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik situs atau toko furniture secara online dalam menjual produknya.  FSM dirancang sebagai sebuah aplikasi berbasis web yang terintegrasi ke dalam suatu situs belanja online dengan fitur-fitur yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang baru, unik dan menarik dalam kegiatan belanja furniture online.  

Aplikasi FSM dikembangkan dengan mengimplementasikan beberapa komponen  teknologi utama yaitu Augmented Reality (AR), engine 3D ke dalam aplikasi.  Keseluruhan komponen tersebut dirancang agar dapat  menghadirkan suasana belanja yang menarik di hadapan user secara digital. Dengan demikian user dapat mencoba apakah furniture yang di beli cocok dengan ruangan. Dengan menggunakan FSM, user dapat mencoba model 3D furniture, memilih model furniture hingga mengambil foto ruangannya dengan hasil visualisasi model furniture 3D yang disukai untuk selanjutnya dapat disimpan. 


Keywords


3D; augmented reality; marker detection; online shopping; user experience.



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v10i1.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.