IMPLEMENTASI KLASIFIKASI BAYESIAN UNTUK STRATEGI MENYERANG JARAK DEKAT PADA NPC (NON PLAYER CHARACTER)MENGGUNAKAN UNITY 3D

Siti Asmiatun, Aria Hendrawan

Abstract


Abstract—Dalam sebuah game strategi penyerangan untuk melawan musuh harus diterapkan, sehingga lebih menarik pemain game untuk menyelesaikan permainan sampai dengan tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini membahas tentang strategi menyerang jarak dekat untuk NPC (Non Player Character). Dalam sebuah game khususnya untuk game FPS (First Person Shooter), dibutuhkan suatu strategi NPC, dengan tujuan untuk membuat game menjadi lebih atraktif dan realistik. Strategi menyerang dalam penelitian ini adalah membagi beberapa perilaku penyerangan NPC ketika berada pada posisi paling dekat dengan musuh. Penelitian ini menerapkan algoritma bayesian untuk klasifikasi perilaku penyerangan NPC tersebut. Klasifikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan strategi menyerang melawan musuh. Klasifikasi  penyerangan NPC dibiagi menjadi dua perilaku penyerangan yaitu perilaku memukul dan perilaku menggigit. Sedangkan untuk variabel yang digunakan dalam klasifikasi bayesian adalah health point, attack point player dan jarak yang diperoleh dari kondisi NPC. Dari hasil pengujian metode klasifikasi bayesian menggunakan pengujian confusion matrix, dengan percobaan permainan sebanyak 10 kali, telah  menghasilkan presentasi tingkat akurasi pada confusion matrix mencapai nilai persentase sebesar 80 %. Hal ini membubktikan bahwa klasifikasi perilaku penyerangan jarak dekat dengan metode klasifikasi bayesian dapat diterapkan dengan hasil yang baik.

Keywords


game; klasifikasi; naive; bayes; strategi; menyerang; fps

Full Text:

PDF

References


JinHyuk Hong dan Sung-Bae Cho. “Evolving Reactive NPCs for the Real-Time Simulation Game”. CIG, 2005.

Yunifa Miftachul Arif, Fachrul Kurniawan dan Fresy Nugroho. “Desain Perubahan Perilaku pada NPC Game Menggunakan Logika Fuzzy”. National Seminar on Electrical, Informatics, and Its Education, 2011.

Yunifa Miftachul Arif, Mochamad Hariadi dan Supeno Mardi S.N. “Strategi Menyerang pada Game FPS Menggunakan Hierarchy Finite Machine dan Logika Fuzzy”. 2012

Rianto dan Noorman.” Optimasi Strategi Menyerang NPC Group Pada Game Pertarungan Jarak Dekat Dengan Menggunakan Simmulated Annealing”. Institud Teknologi Surabaya. 2012

McPartland M,and Gallagher M. “Creating a Multi-Purpose First Person Shooter Bot With Reinforcement Learning “. IEEE Symposium on Computational Intelligence and Games, pp. 143-150,2008.

Yunifa Miftachul Arif, Moch.Hariadi, Supeno M. “Integrasi Hierarchy Finite State Machine Dan Logika Fuzzy Untuk Desain Strategi NPC Game”. Jurusan Teknik Elektro. Institud Teknologi Surabaya. 2011

Adams, E. (2010). Fundamental Of Game Design, 2nd Edition. Pearson Education, Inc, Berkeley.

D.L. Olson and D. Delen.” Advanced data mining

techniques”. Springer Verlag. ISBN3540769161. 2008

Siti Asmiatun, Latius Hermawan dan Tri Daryanti. ”Strategi Menyerang Jarak Dekat Menggunakan Klasifikasi Bayesian Pada NPC (Non Player Character)”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan. ISBN979-26-0266-6. 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v13i2.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.