MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS BY RATIO ANALYSIS METHOD SEBAGAI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN ASISTEN LABORATORIUM (STUDI KASUS PRODI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)

Setyoningsih Wibowo, Slamet Budirahardjo

Abstract


Sistem pendukung keputusan suatu sistem guna mempermudah dalam penyelesaian masalah juga sebagai pengambilan suatu keputusan. Metode MOORA (Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis) adalah sistem pendukung keputusan dimana metode ini memperhitungkan kalkulasi yang kompleks dan dalam penentuan alternatifpun sangat selektif. Dalam penerimaan asisten laboratorium menjadi masalah yang serius karena banyak factor yang harus dipertimbangkan dan diputuskan. Asisten laboratorium bertugas membantu kepala laboratorium dan dosen pengampu dalam proses pelaksanaan praktikum, menjaga dan merawat peralatan serta menjaga kebersihan laboratorium. Selama ini penerimaan asisten laboratorium dilakukan dengan wawancara dan ujian tertulis kemudian baru dilakukan seleksi secara manual. Pada penelitian ini kami mengambil contoh kasus yang sering dialami oleh Prodi Teknik Sipil. Dari rangkaian proses metode MOORA yang digunakan sebagai sistem pendukung keputusan dalam penerimaan asisten laboratorium disimpulkan bahwa metode ini sangat cocok diimplementasikan karena hasil keluaran sesuai dengan target yang diharapkan. Dan nantinya bisa diterapkan di semua fakultas di Lingkungan Universitas PGRI Semarang sebagai sistem dalam sebuah seleksi.

Keywords


SPK, MOORA, Asisten Laboratorium

References


. Rokhman, I. F. Rozi, and R. A. Asmara, Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan UKT Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode MOORA Studi Kasus Politeknik Negeri Malang, J. Inform. Polinema, vol. 3, pp. 36 42, 2017.

. Mandal, K. U., dan Sarkar, B., 2012. Selection of Best Intelligent Manufacturing System (IMS) Under Fuzzy Moora Conflicting MCDM Environment, International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering,No.9,Vol.2,301310,:http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.413.8253&rep=rep1&type=pdf.

. Hidayatulloh, I, Naf an, M.Z Metode Moora Dengan Pendekatan Price-Quality Ratio Untuk Rekomendasi Pemilihan Smartphone, Proceeding SINTAK, hal 62-68, 2017.

. Wardani, S, Parlina, I, Revi, A [4], Analisis Perhitungan Metode Moora Dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan Di Toko Megah Gracindo Jaya, Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, Vol 3, No 1, hal 95-99, September 2018.

. Turban, Efraim, dkk., Decision Support and Intelligent System, Edisi 7, Yogyakarta: Andi, 2005.

. Brauers, W.K.M., dan Zavadskas, E.K. 2006. The MOORA method and its application to privatization in a transition economy. Control and Cybernetics, No.2, Vol.35, 445 469.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v17i1.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.