APLIKASI PENGELOLAAN DATA KERJA PRAKTEK MAHASISWA (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS SEMARANG)

Bernadus Very Christioko, Dian Tri Wiyanti

Abstract


Kerja Praktek (KP) merupakan kegiatan wajib setiap mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang, sebelum seorang mahasiswa menempuh Tugas Akhir. Mahasiswa harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu sebelum mengambil mata kuliah KP. Proses dimulai dari persiapan syarat administrasi hingga melakukan seminar KP. Selama proses terjadi aktivitas pencatatan dan pencarian data baik oleh TU maupun Koordinator KP. Pengelolaan data KP dengan cara melakukan pencatatan ke dalam buku yang dimiliki oleh masing-masing pihak yang terlibat, berpeluang terjadi penumpukan data, dan inkonsistensi data.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip sistem basis data untuk pengelolaan data KP dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai Database Management System. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah terciptanya pangkalan data KP mahasiswa yang terotomatisasi dengan memanfaatkan teknologi web yang berjalan diatas jaringan internet.


Keywords


kerja praktek; sistem basis data; web



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v13i1.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.