PENDAMPINGAN PENGAJUAN HAK CIPTA DAN PEMASARAN MEBEL DI KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO

I Gusti Putu Diva Awatara, Anwar Hamdani, Linda Nur Susila

Abstract


Aset kekayaan intelektual memiliki nilai karena memiliki perlindungan hukum, memiliki nilai dalam bisnis (eksklusifitas, memperbarui jenis bisnisnya, mendapatkan harga premium), menciptakan penghasilan (income), mendatangkan investor dan mendorong riset dan pengembangan teknologi. Secara ekonomi kekayaan intelektual merupakan aset yang bersifat skalabel atau mudah mengakomodasi perubahan. Aset kekayaan intelektual tidak mengalami depresiasi (penyusutan), sebanyak apapun digunakan, nilai kekayaan intelektual tidak akan berkurang bahkan bertambah seiring meningkatnya nilai dari kekayaan intelektual itu sendiri. Nilai kekayaan intelektual dapat dimanfaatkan disertai dengan aset pendukung seperti teknologi, sumber daya manusia dan fasilitas produksi. Program Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kepemilikan hak kekayaan intelektual oleh masyarakat khususnya hak cipta dan peningkatan pemasaran yang berorientasi eksport.

Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pembinaan dan pelatihan pada anggota kelompok masyarakat atau UMKM yang ada di Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo tentang kepemilikan hak kekayaan intelektual oleh masyarakat khususnya hak cipta dan peningkatan pemasaran yang berorientasi eksport, selanjutnya melakukan pendampingan dalam pemasaran. Keseluruhan kegiatan dilaksanakan oleh Tim.

Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dapat memberikan hasil peningkatan kepemilikan hak kekayaan intelektual oleh masyarakat khususnya hak cipta dan dapat memastikan jaminan perlindungan atas produk mebel yang dihasilkan UMKM dan mampu meningkatkan pemasaran produk yang berorientasi eksport.

Keywords: hak cipta, pemasaran, mebel, umkm


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i1.2917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia