PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN ONLINE BAGI PELAKU INDUSTRI KECIL MENENGAH DENGAN APLIKASI TEMIO DI KOTA TEGAL

Very Kurnia Bakti, Adi Candra Kusuma, Jatmiko Indriyanto

Abstract


Permasalahan mandasar atau isu strategis yang dihadapi Kota Tegal di bidang ketenagakerjaan adalah pengangguran. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Tegal cenderung tinggi, di atas TPT Provinsi Jawa Tengah maupun Nasional. Pada Tahun 2017, dengan TPT Kota Tegal sebesar 8,19 % merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah. Pada Tahun 2018 sedikit turun menjadi 7,94 % berada posisi kedua dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Tabel berikut menunjukkan TPT Kota Tegal untuk lima tahun terakhir. Tingginya angka pengangguran di Kota Tegal antara lain disebabkan beberapa faktor sebagai berikut :a. Rendahnya jiwa entrepreneurship para pencari kerja, karena mereka lebih ingin bekerja di sektor formal dengan menjadi pegawai/karyawan/ buruh,b. Belum optimalnya pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja yang diselenggarakan Pemerintah Kota Tegal untuk mendorong mereka menjadi wirausaha baru (WUB). c.Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja melalui Program/Kegiatan yang ada pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum terkoordinasi dan terintegrasi, sehingga pola rekrutmen calon peserta dan monitoring pasca pelatihan untuk mengetahui outcome belum optimal. d. Secara internal, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal belum mampu mensinergikan pelaksanaan urusan pemerintahan bidang tenaga kerja dan urusan pemerintahan bidang industri, agar dua bidang urusan pemerintahan yang diampu dapat saling mendukung untuk peningkatan kinerja organisasi. Melihat masalah diatas, maka pemasaran berbasis online dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.  Pemasaran online dengan temio ternyata dapat, meningkatkan pengetahuan dan pemasaran masyarakat kota Tegal.


Full Text:

PDF

References


Fachmi Ichsan, Muhammad, Hetti Hidayati, Arie Ardiyanti Suryan. 2011. APLIKASI UKM USBM BERBASIS WEB. Bandung: Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

Idria Maita, Nurhikmah.2018. Aplikasi Pemetaan Penyebaran Industri Kecil Dan Menengah Di Pekanbaru Berbasis Android. Riau: Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 4, No. 1, Februari 2018, Hal. 60-66 e-ISSN 2502-8995, p-ISSN 2460-8181.

Suhud, Ridwan dan M. Yudhi Rezaldi. Pengembangan Sistem E-Commerce Paguyuban Usaha Kecil Dan Menengah Karya Mandiri Di Tegal. Jakarta: Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi Teknologi, LIPI

Wahyuniardi, Riski. dkk. 2015. Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Monitoring Dan Evaluasi Sentra Industri Kecil Di Jawa Barat. Bandung: Jurnal Ilmiah Teknik Industri Universitas Pasundan, Vol. 14, No. 2, Des 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.