STRATEGI PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG

Susanto Susanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada pengguna angkutan BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan BRT Trans Semarang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian informan didasarkan pada prinsip kesesuaian (appropriateness) dan kecukupan (adequacy). Dasar prinsip informan didalam penelitian ini ada 6 orang.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa upayaa yang dilakukan oleh BRT Trans Semarang dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dianataranya yaitu penerapan   tarif Trans Semarang   yang terjangkau, memberikan kenyamanan berupa fasilitas-fasilitas yang memadai dan menjamin keamanan di dalam bis seperti terpisahnya tempat duduk laki-laki dan perempuan. Selain itu, kualitas pelayanan nya baik dengan adanya petugas yang ramah dan tegas dalam melayani pelanggan.

                                                                                                                                                                 

Kata Kunci:  Daya tarik, Kualitas Pelayanan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.